BMKG Minta Warga Yogya Waspadai Potensi Hujan Lebat Sepekan ke Depan

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 08:36 WIB
Langit di Kecamatan Depok, Sleman, Minggu (1/3/2020) pagi.
Foto: Langit di Kecamatan Depok, Sleman, Minggu (1/3/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Yogyakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) memprediksi dalam sepekan ke depan akan terjadi hujan lebat di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Oleh karenanya BMKG meminta masyarakat agar waspada.

"Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa, khususnya DIY," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/3/2020).

Keberadaan daerah tekanan rendah di Pesisir Australia Barat bagian utara dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur serta sirkulasi angin tertutup di utara Papua Barat.

"Ini menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang dari Perairan Selatan Jawa Timur hingga selatan NTB," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Reni, labilitas udara cukup kuat di wilayah Jawa. Kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konvektifitas skala lokal di wilayah Jawa dan sekitarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2