Sudah Tiba di Saudi, Perpuhi: Calon Jemaah Umrah Akan Dipulangkan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:34 WIB
Kakbah di Mekah/Fajar Pratama detikcom
Ka'bah di Mekah (Fajar Pratama/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, Arab Saudi menunda visa kunjungan umrah ke Mekah karena virus Corona merebak di dunia. Ibadah umrah biasanya menarik puluhan ribu muslim seluruh dunia ke Saudi tiap bulannya.

Dilansir AFP, Rabu (27/2), pengumuman penundaan visa kunjungan umrah ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri lewat keterangan resmi.

"Pemerintah menunda sementara kunjungan umrah ke Masjid Nabawi di wilayah Kerajaan," demikian kata Kementerian Luar Negeri.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) meminta jajarannya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke bandara untuk memantau kondisi jemaah umrah. Keputusan ini menindaklanjuti keputusan Saudi menunda kedatangan umrah akibat virus Corona.

"Dirjen PHU atau Penyelenggaraan Haji dan Umrah meminta jajarannya sidak ke bandara sebagai antisipasi banyak jemaah di-hold di bandara. Pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Saudi mulai hari ini diberhentikan," ujar Staf Khusus Menteri Agama Ubaidillah Amin Moch dalam pesan pendek yang diterima detikcom pada Kamis (27/2).

Halaman

(rih/ams)