Sudah Tiba di Saudi, Perpuhi: Calon Jemaah Umrah Akan Dipulangkan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:34 WIB
Kakbah di Mekah/Fajar Pratama detikcom
Ka'bah di Mekah (Fajar Pratama/detikcom)
Solo -

Pemerintah Arab Saudi memutuskan menangguhkan sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya demi mencegah penyebaran virus Corona. Bukan hanya calon jemaah yang baru akan terbang, jemaah yang sudah tiba di Saudi pun disebut akan dipulangkan.

Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Her Suprabu mengatakan ada calon jemaah umrah yang berangkat melalui biro perjalanan yang tergabung dalam Perpuhi sudah tiba di Jeddah, Arab Saudi. Namun informasi yang diterimanya, mereka tetap tidak dapat melakukan ibadah umrah.

"Calon jemaah itu berasal dari biro anggota kami di Yogyakarta. Infonya mereka sudah tiba di Jeddah, namun akan dipulangkan. Untuk jumlahnya belum kami pastikan," kata Her saat ditemui di kantor biro umrah Dewangga miliknya di Solo, Kamis (27/2/2020).

Selain itu, calon jemaah dari Perpuhi dari Solo hari ini juga tertahan di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka sudah boarding tapi batal terbang.

"Hari ini ada dua grup dari biro umrah Solo, sekitar 90 orang. Mereka sudah boarding tapi batal terbang," terangnya.

Her melanjutkan, biro umrah di Perpuhi juga telah menjadwalkan adanya pemberangkatan ke Arab Saudi pada 5, 6, dan 14 Maret 2020. Ada lima grup atau sekitar 250-300 calon jemaah yang akan melakukan ibadah umrah.

Namun Her mengaku masih menunggu kepastian dari pemerintah. Dia berharap aturan diberlakukan tidak dalam jangka waktu yang lama.

"Harapan kami nanti tanggal 5 Maret sudah bisa jalan lagi. Kami masih menunggu karena ini masih simpang siur. Kita koordinasi terus dengan semua stakeholder," ujar dia.

Menurutnya, kebijakan di Arab Saudi memang sangat ketat. Meski baru keluar tadi malam, aturan sudah diterapkan langsung hari ini.

"Kami belum membicarakan masalah teknis untuk pengembalian biaya jemaah. Kemungkinan nanti diarahkan untuk reschedule," kata Her.

Selanjutnya
Halaman
1 2