Saudi Setop Umrah, Begini Cerita Rombongan Jemaah Asal RI di Madinah

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 16:35 WIB
Jemaah umrah asal Indonesia di Madinah, Kamis (27/2/2020).
Foto: Jemaah umrah asal Indonesia, Subroto (kanan) asal Yogyakarta dan Sukiman asal Sukoharjo di Madinah, Kamis (27/2/2020). (Dok. Aris Setiawan)
Yogyakarta -

Keluarnya kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang melarang warga negara asing memasuki wilayahnya untuk ibadah umrah guna mencegah masuknya virus Corona tidak mempengaruhi aktivitas jemaah asal Indonesia di tanah suci. Para jemaah umrah dari salah satu biro perjalanan tetap melaksanakan umrah sesuai dengan rencana.

Salah seorang pemandu umrah dari Biro Ameera Solo, Aris Setiawan mengatakan ia telah mengetahui adanya kebijakan tersebut. Kendati demikian, ia dan rombongan tetap melanjutkan kegiatan umrah.

"Secara mayoritas kan jemaah belum tahu tentang hal itu, dan jadi yang tahu hanya beberapa tim dari biro travel," ucapnya saat dihubungi detikcom, Kamis (27/2/2020).

"Kita juga masih menunggu kebijakan lebih lanjut, karena kan kita tidak bisa memutuskan sendiri untuk langkah-langkah (ke depan) seperti apa," lanjut Aris.

Saudi Setop Umrah, Begini Cerita Rombongan Jemaah Asal RI di MadinahFoto: Jemaah umrah asal Indonesia di Madinah, Kamis (27/2/2020). (Dok. Aris Setiawan)

Aris menjelaskan, pihaknya sengaja tidak memberitahu rombongan jemaah umrah terkait kebijakan tersebut. Bukan tanpa alasan, hal itu agar para jemaah tidak terganggu saat melaksanakan ibadah.

Simak Video "Saudi Setop Umrah Gegara Virus Corona, Jokowi: Kita Hormati"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2