Tower SUTT Roboh Bikin Rembang-Blora Gelap 2 Hari, PLN Lakukan Ini

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 13:10 WIB
Tower SUTT PLN roboh di Rembang, Kamis (27/2/2020).
Foto: Tower SUTT PLN roboh di Rembang, Kamis (27/2/2020). (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) milik PLN yang berada di Desa Kabongan Kidul Kecamatan kota Rembang roboh, dan membuat Rembang-Blora gelap gulita. Rencananya, PLN akan membangun tower emergency di dekat lokasi kejadian.

General Manager PLN UID Jateng DIY Feby Joko Priharto menjelaskan siang ini tower emergency sudah dalam proses pemasangan. Lokasinya tepat di sebelah utara tower yang roboh tersebut.

"Tower emergency di sekitar situ juga. Kita sedang koordinasi. Mungkin sampai dengan sebulan (tower emergency digunakan)," kata Feby ditemui detikcom ketika berkunjung di kediaman Gus Mus, Rembang, Kamis (27/2/2020).

Feby menjelaskan tower emergency ini memiliki spek yang sama dengam tower SUTT pada umumnya, mulai dari ketinggian dan lebar tower. Hanya saja, proses pendiriannya yang bersifat sementara sehingga tidak kokoh.

"Sama tingginya dengan tower saat ini karena sudah pabrikan juga. Aman juga karena sudah sesuai spek begitu, aman," terangnya.

Selain itu, PLN juga masih menginvestigasi robohnya tower SUTT pada Selasa (25/2). PLN juga menggandeng akademisi dalam investigasi ini.

"Harapan kita secara bertahap kita akan menyelesaikan tower emergency, nanti tower yang roboh ini kita akan lakukan penyelidikan, investigasi, assessment tentunya melibatkan akademisi yang ahli di bidangnya tentunya. Apa yang menyebabkan roboh," ujarnya.

Simak Juga Video "Naik Perahu, Bos PLN Inspeksi Listrik Daerah Banjir Jakarta"

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)