Update Terkini Siswa SMPN 1 Turi Hanyut, Basarnas: 6 Tewas-4 Hilang

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 23:37 WIB
Proses evakuasi siswa SMPN 1 Turi Sleman di Sungai Sempor, Jumat (21/2/2020)
Foto: Proses evakuasi siswa SMPN 1 Turi Sleman di Sungai Sempor. (Jauh Hari/detikcom)
Sleman -

Proses pencarian korban siswa SMPN 1 Turi yang hanyut di Sungai Sempor Sleman masih berlanjut. Hingga pukul 22.34 WIB, ada empat siswa yang dinyatakan hilang.

"Update terbaru pukul 22.30 WIB ada total 249 siswa yang ikut. 239 siswa selamat, 6 meninggal dan 4 orang masih dinyatakan hilang," ujar Kepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi di lokasi kejadian Jumat (21/2/2020).

Pantauan detikcom di lokasi, aliran air Sungai Sempor terpantau sudah surut dan tidak sederas sore hari. Tim pun masih melakukan penyisiran.

Wahyu mengatakan sebelumnya ada lima siswa yang masih dilakukan pencarian. Namun ternyata satu siswa dinyatakan tidak ikut dalam kegiatan.

"Jadi ada empat orang yang masih hilang. Satu orang dinyatakan di rumah karena tidak mengikuti kegiatan. Jadi total ada 249 yang ikut kegiatan," jelasnya.

Pihaknya juga belum bisa memastikan apakah siswa itu hanyut atau tidak. Petugas juga meminta keterangan guru tentang keberadaan siswa, apakah pulang atau hilang terseret arus sungai.

Pencarian malam ini, fokus pada pencarian di area darat. Sebelumnya, kata Wahyu, ada dua jasad korban yang ditemukan di area darat.

"Malam ini fokus pencarian darat. Pencarian lewat air kami hentikan sementara," kata dia.

Wahyu mengatakan untuk sementara belum ada batasan waktu pencarian. Sedangkan wilayah pencarian radiusnya sejauh 2 kilometer dari lokasi kejadian.

"Empat korban tetap kita cari walaupun masih simpang siur tetap kita cari di sungai," tegasnya.

(sip/rih)