TKI Asal Batang yang Meninggal di Hong Kong Dipulangkan Pekan Depan

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 16:53 WIB
Bupati Batang, Jawa Tengah, Wihaji, Rabu (19/2/2020).
Bupati Batang Wihaji, Rabu (19/2/2020) (Robby Bernardi/detikcom)
Batang -

Pemulangan jenazah buruh migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang bekerja di Hong Kong, Siti Khotijah (37), akan dilakukan akhir Februari ini. Saat ini jenazah masih berada di rumah sakit Hong Kong.

Kabar tersebut disampaikan oleh Bupati Batang Wihaji saat dimintai konfirmasi soal perkembangan terkini proses pemulangan jenazah Siti.

"Untuk pemulangan jenazah (Siti Khotijah) direncanakan akan dilaksanakan pada 27 Februari (2020)," kata Wihaji kepada detikcom melalui pesan singkat, Rabu (19/2/2020).

Wihaji menjelaskan kepastian waktu pemulangan jenazah Siti tersebut didapatkan setelah hari ini pihaknya menerima surat dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong tentang rencana pemulangan jenazah PMI atas nama Siti Kodijah.

Menurut Wihaji, pemulangan jenazah Siti akan difasilitasi oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Rencananya, jenazah akan diterbangkan dari Hong Kong menuju Semarang atau Jakarta dan selanjutnya dibawa ke kampung halaman di Dukuh Rowosidi RT 01 RW 01, Desa Batiombo, Kecamatan Bandar, Batang.

"Dari bandara langsung akan dikirim ke rumahnya Batiombo (Batang). Intinya, BNP2TKI siap memfasilitasi sampai ke daerah asalnya. Keluarganya cukup menunggu di lokasi rumah duka saja," jelasnya.

Sementara itu, saat disinggung terkait mewabahnya virus Corona, Wihaji akan memastikan jenazah dalam kondisi aman dari virus tersebut.

"Kami akan cek kepastian jenazah aman. Karena sensitif, takut masyarakat takut dengan Corona. Saya sudah perintahkan dinas kesehatan ikut cek keberadaan jenazah tersebut," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, TKI asal Batang, Siti Khotijah, meninggal dunia di rumah sakit Hong Kong pada Rabu (12/2). Siti dilaporkan dirawat sejak 1 Februari 2020. Hasil diagnosis dokter, Siti disebut menderita tumor atau kanker stadium tinggi di saluran pernapasan.

Ini Xiao Bao, Robot Perawat Pasien Virus Corona di China:

[Gambas:Video 20detik]

(rih/sip)