Sopir Mobil yang Viral Balapan di Underpass YIA Akhirnya Buka Suara!

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 14:04 WIB
Konferensi pers balapan mobil di Underpass Bandara Kulon Progo Yogyakarta
Mobil yang digunakan balapan di Underpass Bandara Kulon Progo (Foto: Jauh Hari/detikcom)
Kulon Progo -

Kelik Dian Jurianto alias Boy (50), sopir mobil yang balapan di Underpass Bandara Kulon Progo Yogyakarta akhirnya kena tilang. Dia menjelaskan video yang akhirnya viral itu dibuat olehnya dan dua rekannya.

"Kami membuat video cuma bertiga. Saya, Budi dan Ahlun dari FD Squad Indonesia wilayah Yogya khususnya meminta maaf juga untuk masyarakat Indonesia juga masyarakat Kulon Progo bilamana video kami mengganggu dalam masalah ini," ujar Boy saat konferensi pers di Mapolres Kulon Progo, Rabu (19/2/2020).

Di hadapan polisi, Boy mengaku menyesali perbuatannya. Dia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

"Kami tidak bermaksud balap liar seperti yang di media (sosial)," katanya.

Diberitakan sebelumnya, video berdurasi 30 detik ini diunggah oleh akun Twitter @Mohamma28992919 dan telah di-repost akun @JogjaUpdate.

Dalam video ini, tampak dua mobil sedan dengan bodi agak ceper berjajar di jalur sebelah kiri. Kedua sedan warna putih ini kemudian terlihat bersiap untuk melakukan balapan dan saling menggeber gas sebelum start dimulai. Dalam tempo cepat, kedua mobil ini sudah meluncur kencang dengan posisi mobil sebelah kiri lebih cepat.

Dari rekaman ini, di tengah lintasan juga terdapat dua kamera yang sengaja mengabadikan momen ini. Hal ini bisa dilihat dari adanya dua gambar video di dua posisi saat mobil melesat dari sisi kanan dan kiri jalan, bahkan di ujung balapan kembali terekam kedua mobil ini menepi dan masih berada di dalam underpass.

Atas perbuatannya Boy dkk dijerat dengan pasal berlapis yakni pasal 287 ayat 2, pasal 286 ayat 3, dan pasal 289 ayat 1.

(ams/sip)