Hadiri Acara di UMY, Ganjar Disambut Demo Mahasiswa

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 19:25 WIB
Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo disambut aksi demo mahasiswa saat menghadiri acara di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (18/2/2020).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disambut aksi demo mahasiswa di UMY, Selasa (18/2/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menghadiri acara Government Gathering 2020 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kehadiran Ganjar tersebut disambut aksi demo mahasiswa.

Pantauan detikcom, puluhan orang berkumpul di depan Sportorium UMY. Sembari membentangkan spanduk bertuliskan 'Rapor Merah Untuk Ganjar' hingga 'Gubernur Lamis', puluhan orang itu mendengarkan orasi dari orator yang menyampaikan masalah ekologi di Jateng hingga saat ini belum mampu diselesaikan Ganjar.

Saat ditemui di lokasi, koordinator BEM Seluruh Indonesia Wilayah Jateng-DIY, Bayu Septian, mengatakan aksi damai tersebut bertujuan untuk mendorong Ganjar menyelesaikan permasalahan ekologi di Jateng. Seperti halnya masalah pencemaran lingkungan di Sukoharjo.

"Kami ingin mendorong Pak Ganjar mendesak Bupati (Sukoharjo) untuk mencabut SK beroperasinya PT RUM. Karena mereka sudah melanggar paksaan dari Pemerintah Daerah, jadi harusnya mereka menutup PT RUM," katanya kepada wartawan di Sportorium UMY, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (18/2/2020).

Selain aksi tersebut, Bayu menyebut nantinya akan ada pemberian rapor merah berupa kajian terkait permasalahan ekologi di Jateng. Rapor merah itu diberikan kepada Ganjar dan juga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Di dalam bakal ada aksi pengangkatan kertas warna merah, isinya itu sebuah kajian yang bermakna rapor merah untuk Pak Ganjar dan Anies. Goal-nya (tujuan pemberian rapor merah agar) bagaimana responnya Pak Ganjar dan Pak Anies tentunya menerima kajian yang telah kita buat," ucapnya.

"Kemudian mereka mengindahkan tuntutan yang telah kita buat melalui kajian yang berisi keresahan masyarakat," imbuh Bayu.

Hadiri Acara di UMY, Ganjar Disambut Demo MahasiswaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disambut aksi demo mahasiswa di UMY, Selasa (18/2/2020). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Benar saja, usai Ganjar menyampaikan materi dalam acara, tampak satu mahasiswa berdiri sembari mengangkat map berwarna merah. Selanjutnya, mahasiswa tersebut berjalan ke atas panggung untuk memberikan map berisi kajian terkait masalah ekologi di Jateng kepada Ganjar.

Ganjar pun menerima rapor merah itu dan selanjutnya memberikan rapor tersebut kepada stafnya. Tak berhenti sampai di situ, ketika Ganjar hendak pergi meninggalkan lokasi sportorium, tampak mahasiswa itu meminta tanggapan terkait rapor merah tersebut.

Mendapat pertanyaan itu, Ganjar pun sempat menanggapi mahasiswa tersebut. Ganjar menilai para mahasiswa harus menghormati haknya.

"Saya baca dulu, kamu harus hormati hak saya, kita harus sama-sama menghormati. Kita boleh chit chat kok, saya dulu juga aktivis," ucap Ganjar sembari meninggalkan mahasiswa tersebut.

(rih/sip)