Isak Tangis Iringi Pemakaman Sertu Dita Korban Heli MI-17 di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 13:11 WIB
Jenazah Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati, korban jatuhnya heli MI-17 di Oksibil Papua dimakamkan di Banyumas
Suasana pemakaman Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati di Banyumas (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Jenazah Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati, anggota Skadron 31 Serbu Penerbad Semarang yang gugur di Oksibil, Papua dimakamkan di kampung halamannya di Banyumas. Sertu Dita merupakan korban jatuhnya helikopter MI-17 milik TNI AD di Oksibil Pegunungan Bintang saat perjalanan ke Lanud Silaspapare, Jayapura.

Pantauan detikcom, jenazah Sertu Dita dimakamkan secara militer di TPU Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturraden, Banyumas, Selasa (18/2). Keluarga dan calon istri Sertu Dita tak kuasa menahan tangisnya selama prosesi pemakaman dilakukan.

Jenazah Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati, dimakamkan di BanyumasJenazah Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati, dimakamkan di Banyumas Foto: Arbi Anugrah/detikcom

Sang kakak, Dita Ibnu Aryandani sempat histeris usai mengumandangkan azan saat prosesi pemakaman. Meski begitu, keluarga sudah ikhlas dengan kepulangan Sertu Dita.

"Sangat bersyukur, meskipun ternyata gugur dalam tugas. Alhamdulillah sudah ketemu, mudah-mudahan ini yang terbaik," kata Ibnu di lokasi, Selasa (18/2/2020).

Ibnu mengaku terakhir berkomunikasi dengan adiknya saat akan terbang ke Papua. Kala itu sang adik sempat meminta doa kepada ayahnya, padahal selama ini Sertu Dita sudah tiga kali ditugaskan ke Papua.

"Biasanya izin ke orang tua biasa 'Pak mau tugas Papua'. Tapi saat yang terakhir kali ini telepon ke saya 'Mas, Bapak di mana aku mau ngomong sama Bapak, aku mau pamitan mau tugas ke Papua minta doanya'. Dia itu biasanya tidak seperti itu, biasanya hanya bilang mau tugas ke Papua, tapi ini ada ingin ngobrol yang lebih intens (sama bapak)," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kolonel CPN Heri Kriswanto, Kabengkus Penerbad Skadron 31/ serbu Semarang mengenang Sertu (Anumerta) Dita Ilham Primojati merupakan prajurit yang selalu melaksanakan tugas dengan baik. Saat pesawat itu jatuh, Sertu Dita tengah bertugas untuk mengantar logistik dan menjemput kru di garis depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2