Kanca Milenial

Realita Setelah Lulus, Kehidupan Tak Mesti Berjalan Mulus

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 11:02 WIB
Alumni UPN Veteran Yogyakarta, Trisna Eka Rini (23), Yogyakarta, Senin (17/2/2020).
Foto: Alumni UPN Veteran Yogyakarta, (dari kiri) Fatimah, Eva, dan Trisna. (Larastining Retno Wulandari/detikcom)
Yogyakarta -

Seorang gadis berkerudung datang agak tergesa. Dia duduk dan langsung meminta maaf karena terlambat datang dari waktu yang telah kami sepakati.

"Maaf, tadi habis tes online. Jadinya telat," ujar gadis bernama Trisna Eka Rini (23) itu memulai perbincangan dengan detikcom, Selasa (18/2/2020).

Rupanya alumni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta itu baru saja menjalani tes online rekrutmen untuk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Perempuan yang akrab dipanggil Trisna ini baru saja merayakan wisudanya pada bulan lalu. Alumni program studi Ilmu Komunikasi ini mengaku, selama satu bulan pascawisuda, ia menghabiskan waktu dengan menjalankan hobinya.

"Selama satu bulan, aku mengaktifkan Tumblr-ku lagi dan mulai belajar bahasa Korea. Isi Tumblr-ku sebagian besar adalah hasil karya gambarku," cerita Trisna.

Meski ia memiliki kemampuan menggambar, ternyata ia tidak berniat memiliki karier berdasarkan keahliannya itu. Alasannya, ia masih merasa belum percaya diri.

"Aku belum percaya diri. Aku masih belum punya ciri khas gambarku," aku Trisna.

Ketika ditanyai tentang kelanjutan aktivitas setelah wisuda, perempuan berkacamata ini memang fokus mencari pekerjaan tetap. Hal itulah yang membuatnya menjalani tes daring yang diadakan salah satu BUMN tersebut.

"Ketika melanjutkan kehidupan setelah wisuda, aku memang ingin mencari pekerjaan tetap," tegasnya.

Trisna mengaku, ketika ia memilih pekerjaannya, ia mendapatkan pengaruh besar dari keluarganya. Ia merasa, ia perlu mengambil pekerjaan yang dari ranah Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau BUMN.

"Keluargaku sebagian besar datang dari PNS atau BUMN. Makanya, secara langsung atau tidak, aku seolah-olah 'terpatri' untuk mendapatkan pekerjaan dari dua ranah tersebut," tutur mahasiswi konsentrasi periklanan ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3