Kanca Milenial

Realita Setelah Lulus, Kehidupan Tak Mesti Berjalan Mulus

Larastining Retno Wulandari - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 11:02 WIB
Alumni UPN Veteran Yogyakarta, Trisna Eka Rini (23), Yogyakarta, Senin (17/2/2020).
Foto: Alumni UPN Veteran Yogyakarta, (dari kiri) Fatimah, Eva, dan Trisna. (Larastining Retno Wulandari/detikcom)

Untuk masalah karier, Trisna mengaku, ia baru menjalani satu tes dari perusahaan. Meski begitu, ia tetap mendatangi job fair.

"Aku memang datang job fair, tetapi hanya melihat perusahaannya saja. Untuk tes, aku memang fokus ke satu ini dulu," jelas Trisna.

Selama satu bulan ini, Trisna mengaku, ayahnya kerap mengimbaunya untuk segera mendapatkan pekerjaan tetap. Tentu, ia merasa terbebani. Namun, ibunya tetap mendukung Trisna untuk tidak usah terlalu terburu-buru.

Tak lama setelah Trisna berbincang dengan detikcom, Eva Widi Ardiyanti (23) pun tiba bersama Nur Fatimah Amin (22). Mereka juga merupakan wisudawati UPN Veteran Yogyakarta yang lulus berbarengan dengan Trisna.

Ketika ditanyai masa transisinya setelah wisuda, Eva mengaku, ia baru saja diterima di perusahaan belanja daring. Ia akan menjalani pelatihan dari perusahaan, Rabu (19/2) nanti.

"Iya, aku baru diterima di perusahaan belanja daring. Aku ditempatkan di bagian live chatting," jelas Eva.

Awalnya, ia juga menjalani serangkaian tes dari BUMN. Bahkan, ia mendaftar empat hari sebelum wisudanya. Namun, nasib berkata lain. Ia tidak diterima setelah mengikuti seleksi daringnya.

Rupanya, Eva sudah memiliki pekerjaan sejak sebelum lulus. Ia pun bekerja di toko bunga sebagai perangkai buket. Namun, ia pun memutuskan untuk keluar pada Februari 2020.

"Tujuannya, agar aku bisa fokus mencari pekerjaan tetap," aku Eva.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3