Jasad Bayi Laki-laki di Tepi Sungai Progo Gegerkan Warga Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 19:03 WIB
ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi (Foto: iStock)
Bantul -

Warga Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul digegerkan dengan penemuan sesosok mayat bayi di pinggir Sungai Progo. Polisi menduga bayi berjenis kelamin laki-laki itu sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Kapolsek Pajangan, AKP Sri Basariah mengatakan penemuan jada bayi itu berawal dari warga Desa Sendangsari yang hendak mencari ikan di Sungai Progo, Sabtu (15/2) sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Sesampainya di lokasi, saksi mendapati sesosok bayi di pinggir sungai tersebut

"Jadi saat cari ikan di Kali Progo saksi melihat ada bayi tengkurap di pinggir sungai dengan kondisi tubuhnya sudah kebiru-biruan," katanya kepada detikcom lewat pesan singkat, Sabtu (15/2/2020).

Basariah mengatakan saksi lalu memberitahukan temuan itu kepada warga dan melaporkannya ke Polsek Pajangan. Bayi yang ditemukan sudah membiru itu diduga baru dilahirkan dengan usia kandungan sekitar 9 bulan.

"Dari pemeriksaan petugas Puskesmas Pajangan menyatakan bayi itu berjenis kelamin laki-laki dengan umur (kandungan) sekitar 8-9 bulan. Untuk kondisinya sendiri saat diperiksa sudah meninggal lebih dari 24 jam," jelasnya.

Basariah menyebut tak ditemukan bekas penganiayaan pada tubuh bayi malang itu. Saat ini jasad bayi itu telah diserahkan ke warga Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul untuk selanjutnya menjalani proses pemakaman.

"Tidak ada bekas tanda-tanda penganiayaan (pada tubuh bayi)," ujarnya.

Basariah menambahkan, kuat dugaan mayat bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya. Pihaknya pun mencari tahu siapa pelaku yang tega membuang bayinya itu.

"Masih dalam lidik," katanya secara singkat.

Simak Video "Perbaiki Saluran Irigasi, Warga Ponorogo Temukan Jasad Bayi!"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ams)