Promosikan Vetiver, Jokowi: Pengerukan Sedimen Lumpur di Waduk Itu Keliru

Aris Arianto - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 14:42 WIB
Jokowi tanam vetiver hingga porang di Waduk Gajah Mungkur
Presiden Jokowi saat penanaman vetiver dan porang di hulu Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (Foto: Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri -

Presiden Jokowi melakukan penanaman tanaman vetiver atau akar wangi di hulu Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. Dalam momen itu, Jokowi menyinggung penanganan sedimen lumpur di kawasan waduk yang keliru.

Jokowi menyebut salah satu cara menangani sedimen lumpur dengan melakukan penanaman tanaman yang tepat di bagian hulu. Salah satu contohnya, kata Jokowi, tanaman vetiver atau akar wangi yang bisa mengikat tanah dan mencegah longsor.

"Semua waduk yang saya lihat baik di Sulawesi, baik di Jawa, baik di Sumatera, semuanya sedimen, dan diselesaikan dengan dikeruk, keliru. Keliru itu," ungkap Presiden di sela penanaman vetiver dan porang di area daerah aliran sungai (DAS) Keduang di hulu Waduk Gajah Mungkur, Dusun Pule Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono, Wonogiri, Sabtu (15/2/2020).

Jokowi menyebut penanganan sedimen lumpur ini dengan mengelola daerah hulu yang jadi penyumbang material sedimen lumpur. "Selesaikan hulunya dengan tanaman-tanaman ini akan menyelesaikan masalah," tegas dia.

Jokowi menambahkan vetiver mudah dibudidayakan dan tidak perlu dirawat. Selain itu tanaman ini juga diketahui punya akar kuat untuk mencengkeram bumi yang kekuatannya setara seperenam kawat baja.

"Tanem ndak perlu dirawat langsung muncul nanti, 3 tahun saja sudah muncul akarnya 3-4 meter," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menggalakkan penghijauan dengan sistem agroforestri. Sistem ini memadukan pertanian dengan kehutanan.

Adapun jumlah pohon yang ditanam bersama ini lebih terdiri dari puluhan ribu batang. Selain vetiver Jokowi juga menanam bibit porang, serta tanaman penghijauan lain, seperti matoa, kelengkeng, durian, hingga empon-empon.

Tonton juga Jokowi Lepas Elang Jawa Abu dan Rossy di Kawasan Merapi :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ams)