Terpopuler di Yogya: Gerobak Jalan Sendiri-Foto Mahasiswi JMG UGM Diblur

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Feb 2020 12:09 WIB
Gedung Fak Geografi UGM
Fakultas Geografi UGM (Foto: Larastining Retno W/detikcom)
Yogyakarta -

Sepekan ini video gerobak jalan sendiri di RSUD Wonosari, Gunungkidul dan foto mahasiswi pengurus Jamaah Muslim Geografi (JMG) Fakultas Geografi UGM yang diblur meramaikan media sosial. Berita soal video gerobak jalan sendiri menambah ramai tagar #rabuambyar yang memuncaki trending topic di Twitter, sementara itu foto blur mahasiswi bikin rektor UGM Panut Mulyono geram.

Video yang memperlihatkan gerobak berjalan sendiri di kompleks rumah sakit Wonosari, Gunungkidul diunggah oleh akun @pergusoID. Gerobak itu terlihat lambat laun bergerak sendiri tanpa ada orang yang mendorongnya. Ternyata, video itu diambil di gudang limbah B3 kompleks RSUD Wonosari.

Saat dimintai konfirmasi, pihak rumah sakit enggan mengaitkan peristiwa itu dengan mistis. Pihak rumah sakit pun mengungkap dugaan penyebab gerobak itu bisa jalan sendiri.

"Ini penjelasan secara ilmiah. Itu siang hari dan saat itu ada orangnya. Ada banyak kemungkinan angin atau ada istilahnya ada lemparan batu atau gimana. Tapi emang gerobak itu ban depannya mudah bergerak berputar," ujar Kepala Instalasi dan Sanitasi RSUD Wonosari, Priyatno Budiharto kepada wartawan, Rabu (12/2/2019).

Meski begitu, Priyanto tidak mengetahui secara persis posisi awal dan akhir gerobak tersebut. Sebab, jika melihat posisi jalan di video tersebut, posisi jalan agak miring.

"Saya nggak tahu posisinya seperti apa. Kejadian juga tidak tahu persisnya kapan. Kebetulan bidang tanahnya juga miring. Benar di RSUD (Wonosari)," ungkapnya.

Video gerobak jalan sendiri di RSUD WonosariPenampakan gerobak jalan sendiri di RSUD Wonosari Foto: Tangkapan layar di media sosial

Mengetahui video ini viral, pihak rumah sakit pun berencana untuk melacak penyebar video ini. Sebab, menurut pihak RSUD Wonosari, Gunungkidul, rekaman CCTV merupakan dokumentasi rahasia.

"Terkait ada video ini saya tahu dari pesan berantai. Setelah itu baru saya telusuri, termasuk yang menyebarkan juga akan kami usut. Sebab CCTV kan untuk pengawasan bukan konsumsi publik," kata Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUD Wonosari, Sumartono kepada wartawan, Rabu (12/2).

Masih dari Yogyakarta, tak berselang lama, postingan pengurus Jemaah Muslim Geografi (JMG) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta juga jadi sorotan. Dalam posting-an tersebut, foto mahasiswi yang menjadi pengurus JMG UGM disamarkan alias di-blur, sedangkan foto pengurus laki-laki tidak di-blur.

Selanjutnya
Halaman
1 2