Jokowi Ingin Elang Jawa Makin Banyak Dilepasliarkan di Merapi

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 14 Feb 2020 11:29 WIB
Jokowi melepasliarkan Elang Jawa di kawasan Merapi
Jokowi melepasliarkan Elang Jawa di kawasan Merapi. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang -

Presiden Joko Widodo pagi ini melepasliarkan sepasang Elang Jawa di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Jurang Jero, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dia berharap masih ada lagi elang yang akan dilepasliarkan selanjutnya.

Sepasang Elang Jawa yang dilepas oleh Jokowi itu berusia 3 tahun dan diberi nama Abu dan Rossy. Kedua elang tersebut merupakan penyerahan dari warga.

Pelepasan dilakukan dengan cara menarik tali dari kejauhan untuk membuka penutup sangkar. Nampak beberapa pejabat mendampingi Jokowi saat di antaranya Menteri LHK Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wagub Jateng Taj Yasin.


"Elangnya kan sudah dilepas. Sudah lihat semua kan. Elangnya tadi dilepas sepasang, jelas. Tetapi di sini, memang kawasan ini memiliki kemampuan untuk menampung 6 pasang sebetulnya. Enam pasang. Tapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang," kata Jokowi kepada wartawan di lokasi acara, Jumat (14/2/2020).

"Kalau kita ada lagi, elang dilepas lagi," lanjutnya.


Acara yang dilakukan Jokowi di Jurang Jero pagi ini adalah menanam pohon pule. Selanjutnya, selain ditanami pohon pule di lokasi itu juga ditanami pohon salam dan vetiver.

Jokowi Ingin Elang Jawa Makin Banyak Dilepasliarkan di MerapiFoto: Eko Susanto/detikcom

Lihat video Detik-detik Gunung Merapi Erupsi:

[Gambas:Video 20detik]

(mbr/sip)