BPPTKG: Gunung Merapi Erupsi Gas Kecil, Warga Tak Usah Panik

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 10:43 WIB
Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Kamis (13/2/2020).
Foto: Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Kamis (13/2/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Yogyakarta -

Gunung Merapi erupsi pagi ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut erupsi tersebut merupakan erupsi gas kecil yang tak perlu dikhawatirkan.

"Tadi pagi terjadi erupsi di gunung merapi pukul 05.16 WIB. Tinggi kolom 2000 meter itu adalah erupsi gas selama 150 detik," ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida kepada wartawan, Kamis (13/2/2020).

Hanik menekankan, erupsi Merapi pagi ini merupakan erupsi kecil. Menurutnya erupsi yang terjadi saat ini merupakan karakter Gunung Merapi.

"Jadi saya tekankan di sini adalah ini karakternya Merapi saat ini adalah erupsi gas yang kecil," tegasnya.

Oleh karenanya, Hanik meminta kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir. Menurutnya letusan Merapi pagi ini merupakan karakter khas Gunung Merapi saat ini.

"Jadi tidak perlu dikhawatirkan karena dari data-data yang ada itu tidak ada kenaikan yang signifikan jadi masyarakat tidak usah panik. Ini adalah karakter Merapi yang sekarang ini," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi mengalami erupsi pagi ini setelah sekian lama tidak ada aktivitas yang signifikan. BPPTKG mencatat erupsi terjadi pada pukul 05.16 WIB.

Erupsi di gunung Merapi membentuk kolom erupsi setinggi 2000 meter. Tercatat dalam seismogram terekam erupsi dengan amplitudo 75 mm durasi 150 detik.

Video Detik-detik Gunung Merapi Erupsi :

[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)