Mayat Bayi di Saluran Irigasi Klaten, Ibu Kandung Jadi Tersangka

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 01:56 WIB
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Foto: Ilustrasi penemuan mayat bayi (Dok detikcom)
Klaten -

Polisi mengamankan seorang wanita berinisial D (30) terkait kasus penemuan mayat bayi di saluran irigasi di Kecamatan Tulung, Klaten. Ternyata, D adalah ibu dari bayi tersebut.

"Tersangka satu orang, ibunya sendiri. Bayi sengaja dibuang," kata Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan kepada detikcom, Rabu (12/2/2020).

Menurut Andriansyah, pelaku sengaja membuang bayinya setelah melahirkan. Saat dibuang kondisi bayi disebut sudah meninggal.

"Bayinya dibuang. Tapi posisi (bayinya) sudah meninggal itu," jelas Andriansyah.

Pihaknya masih mendalami penyebab meninggalnya bayi tersebut. Namun dari pemeriksaan awal, pelaku diduga sengaja menyekap bayi.

"Nanti hasil autopsi itu nanti. Tapi ada indikasi penyekapan di mulutnya," terang Andriansyah.

"Begitu ditemukan, bayi langsung diautopsi kok. Sudah dikuburkan hari Senin," lanjutnya.

Terkait kejiwaan tersangka, Andriansyah menyebut kondisinya normal. "Orangnya sadar. Jadi tidak ada pemeriksaan jiwa," pungkas Andriansyah.

Terpisah, Kapolsek Tulung Iptu Joko Waluyo mengungkapkan tersangka diamankan setelah dari hasil penyelidikan ditemukan kasur dan kain dengan bercak darah. Kasur dan kain itu ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan jasad bayi.

"Dari hasil lidik kami ada temuan kasur. Tidak jauh dari lokasi," ungkap Joko.

Sebelumnya diberitakan mayat bayi laki-laki dengan tali pusat dan ari-ari ditemukan anak-anak pencari cacing di saluran irigasi Dusun Bendo, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, Sabtu (8/2). Bayi malang itu diduga dibuang setelah dilahirkan.

(rih/rih)