10 Ribu Vetiver Ditanam di Lahan Rawan Longsor Pemalang

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 19:10 WIB
Penanaman 10 ribu vetiver di Bukit Gambangan, Pemalang
Penanaman 10 ribu vetiver di Bukit Gambangan, Pemalang. (Foto: dok. Polres Pemalang)
Pemalang -

Sekitar 10 ribu batang vetiver atau tanaman akar wangi ditanam di lahan rawan longsor, Bukit Gambangan di Pemalang. Vetiver dipilih karena akar serabut kuat dari tanaman tersebut terbukti mampu sebagai penahan potensi longsor.

Lokasi penanaman berada di Bukit Gambangan, Dukuh Gondang, Desa Banyumodal, Kecamatan Moga, Pemalang, Selasa (11/2/2020). Acara tersebut diinisiasi oleh Polres Pemalang dengan melibatkan TNI/Polri, elemen masyarakat, ormas, dan Pramuka.

"Wilayah Pemalang bagian selatan ini merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi longsor. Maka dari itu, Polres bersama masyarakat mulai menanam rumput vetiver," kata Kapolres Pemalang AKBP Edy Suranta Sitepu.


Dikatakan Edy, rumput vetiver merupakan rumput yang daya cengkeramnya lebih kuat dalam mengikat tanah, sehingga dapat meminimalkan adanya longsor. "Rumput jenis ini (vetiver), memiliki akar serabut yang bisa menahan erosi pada tanah," jelasnya.

Tak cuma berhenti pada penanaman vetiver, Kapolres Edy juga mengatakan akan menginisiasi penanaman pohon di daerah pantai untuk menangkal abrasi dan pemecah angin.


"Bulan depan kami akan tanam cemara laut di tepi Pantai Kaliparu (Kecamatan Ulujami). Januari kemarin kita lakukan penanaman cemara di Pantai Widuri," tambah Edy Suranta.

Diharapkan kegiatan tersebut menstimulus masyarakat luas untuk semakin peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar.

(mbr/ams)