Tak Cuma di Sleman, Kampung Koplak Juga Ada di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 18:06 WIB
Kampung Koplak, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Minggu (9/2/2020).
Kampung Koplak, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Minggu (9/2/2020). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Tak hanya di Kabupaten Sleman, nama Koplak juga ada di Boyolali, Jawa Tengah. Untuk menemukan kampung ini tidak sulit karena berada kawasan pusat kota Boyolali.

Kampung Koplak berada di depan Pasar Boyolali, Jalan Pandanaran, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota.

"Kami belum mendapatkan data yang valid tentang siapa sebenarnya yang menetapkan wilayah ini bernama Kampung Koplak," kata tokoh masyarakat setempat, Much Ichsanudin, kepada detikcom, Minggu (9/2/2020).

Letak Kampung Koplak di antara Kampung Tegalsari di sebelah timur, Kampung Pulisen di sebelah barat, Kampung Gudang di sebelah utara dan Kampung Surodadi di sebelah selatan.

Tak Cuma di Sleman, Kampung Koplak Juga Ada di BoyolaliKampung Koplak, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Boyolali, Minggu (9/2/2020). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Ichsanudin menjelaskan, sekitar tahun 1925, wilayah Kampung Koplak dimanfaatkan sebagai terminal atau lokasi pemberhentian dan penginapan alat transportasi tradisional, seperti andong, dokar, gerobak, dan gluthuk (alat transportasi yang ditarik orang). Saat itu, pedagang membawa barang dagangan untuk dijual di Pasar Boyolali. Alat transportasi yang dipakai kemudian diparkir di terminal itu.

"Karena menjadi lokasi terminal andong, dokar, gerobak, gluthuk itulah akhirnya sebutan Koplak semakin terkenal. Sehingga orang secara tidak sadar menyebut daerah di sini dan sekitarnya dengan sebutan Kampung Koplak," jelas Ichsanudin.

Ichsanudin menyebutkan, seiring perkembangan zaman dan dalam rangka tata kota, lokasi terminal alat transportasi tradisional yang dulunya ada di depan pasar atau selatan pasar, oleh Pemkab Boyolali dipindah ke utara pasar. Namun wilayah di depan Pasar Boyolali Kota itu tetap bernama Kampung Koplak.

"Lokasinya yang dulu dipakai sebagai terminal andong, dokar, gerobak itu sekarang sudah berdiri toko swalayan," ungkapnya.

Tonton juga Ratusan Siswa SD-SMP di Boyolali Alami Gejala Keracunan :

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)