Catat! Imigrasi Yogya Setop Bebas Visa Kunjungan Warga Negara China

Ristu Hanafi - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 17:52 WIB
Pengawasan penumpang pesawat dari China melalui Bandara Soekarno-Hatta diperketat. Ini menyusul adanya virus Corona yang bermula dari Kota Wuhan, China.
Pengawasan penumpang pesawat dari China melalui Bandara Soekarno-Hatta diperketat. (Foto: Rifkianto Nugroho)

Kemudian bagi pemegang izin tinggal dinas dan/atau diplomatik yang pernah tinggal dan/atau mengunjungi China dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk Indonesia juga tidak akan diberikan izin masuk.

Selanjutnya bagi warga negara China yang tidak dapat kembali ke negaranya dikarenakan adanya wabah virus corona dan tidak adanya alat angkut yang membawa keluar wilayah Indonesia, akan diberikan izin tinggal keadaan terpaksa dengan tarif Rp 0 dengan jangka waktu 30 hari.

"Bagi pemegang izin tinggal kunjungan atau izin tinggal terbatas yang izin tinggalnya masih berlaku dan dapat diperpanjang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, kepadanya tidak dapat diberikan izin tinggal keadaan terpaksa," kata Yusup.

Yusup menyebutkan, Permenkumham 3/2020 berlaku sampai 29 Februari 2020 dan akan dievaluasi kembali.

"Semua petugas Imigrasi di kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta diharapkan untuk melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan ketentuan dan tidak melakukan tindakan yang di luar ketentuan dan prosedur yang berlaku serta tidak melakukan tindakan yang mengarah pada kolusi, korupsi, dan nepotisme," ujarnya.


(rih/sip)