Pakar UGM Bongkar Isi Jimat yang Disita dari Peserta Tes CPNS Semarang

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 15:41 WIB
Salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS di Semarang, Kamis (6/2/2020).
Foto: Tangkapan layar salah satu jimat yang disita dari peserta tes CPNS di Semarang. di media sosial
Yogyakarta -

Temuan jimat bikin heboh penyelenggaraan tes CPNS di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Menurut pakar UGM, Abdul Jawat Nur, jimat yang disita itu biasa digunakan untuk kesuksesan.

"Hijau itu kan ada di pembuka surat Al-Qur'an, Kaf ha ya ain shot dan Cha mim ain sin qof, itu biasa digunakan untuk penjagaan perlindungan untuk kesuksesan. tapi yang kertas yang (ada tulisan) Arabnya banyak itu saya nggak bisa baca," kata Dosen di Jurusan Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Abdul Jawat Nur kepada detikcom, Jumat (7/2/2020).

Menurut Jawat, jimat itu biasa digunakan untuk memberi sugesti positif kepada pemiliknya. Dia lalu mencontohkan salah satu kitab yang biasa menjadi rujukan untuk pembuatan jimat.

"Macem-macem itu kan kalau di kitab kuno kitab Syamsul Ma'arif Al-Kubro, banyak sekali jimat untuk kekebalan, penglarisan, pengasihan, untuk jabatan dan termasuk untuk kesuksesan seperti itu," terang dosen sastra Arab UGM ini.

Jawat menuturkan jimat itu biasa diminta oleh orang yang tidak percaya diri. Sehingga butuh sugesti melalui jimat untuk membuat pemiliknya percaya diri.

"Itu intinya kan orang yang nggak PD, mengukur kemampuan dirinya kurang, perlu sugesti ketemu kiai, dukun, untuk kelancaran PNS itu. Kalau dia masih lebih jauh lagi pas pilkada, pilkades itu laris sekali," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Pelaksana dari Udinus untuk CAT CPNS 7 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, Mohamad Sidiq, mengungkap ada dua jimat yang diamankan petugas dari peserta CPNS. Sedangkan jimat yang berupa kertas bertulisan Arab, kata Sidiq, didapat dari peserta tes pada Senin (3/2).

"Dua kali ketemu jimat, berupa kertas tulisan Arab gundul sama kayak katapel, kecil," kata Sidiq kepada detikcom di Udinus, Semarang, Kamis (6/2).

Udinus, Semarang, menjadi lokasi tes CPNS yang diikuti 35.980 dari tujuh kabupaten/kota di Jateng mulai 27 Januari hingga 15 Februari 2020. Ketujuh daerah tersebut ialah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Wonosobo.

Sidiq menyampaikan tes berjalan lancar dan tertib karena melewati beberapa tahapan, mulai antrean, body checking, verifikasi manual, PIN register, dan lainnya. Peserta terbanyak dari Kabupaten Tegal dan berjalan sejak hari Sabtu (1/2) hingga hari ini.

Simak Video "Hari Pertama! 1.500 Peserta Tes CPNS di Cilegon"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/mbr)