Terowongan Kuno Era Belanda di Klaten Dibuatkan Tangga Masuk

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 14:51 WIB
Penampakan tangga baru di terowongan kuno era Belanda di Klaten
Foto: Penampakan tangga baru di terowongan kuno era Belanda di Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Temuan terowongan kuno peninggalan masa kolonial Belanda di Dusun Cokro Kembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten kini dibuatkan tangga masuk. Undakan tangga itu dibangun persis di depan rumah inisiator pembersihan terowongan Danang Heri Subiantoro (53).

"Pintu dan tangga masuk sudah jadi. Lewatnya depan rumah saya," ujar Danang kepada detikcom saat ditemui di rumahnya, Jumat (7/2/2020).

Danang menyebut tangga itu menjadi jalan masuk ke terowongan era Belanda tersebut. Ada sebanyak 20 anak tangga dengan kedalaman sekitar 6 meter.

"Kedalaman 6,25 meter tetapi kita pertahankan bangunan aslinya meski sebagian lahan buat anak tangga," ujar Danang.

Meski sudah ada pintu masuk dan tangga, terowongan tersebut masih tertutup untuk umum. Rencananya pembukaan terowongan itu masih menunggu kajian dan izin Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Masih nunggu izin Dinas. Namun demikian semakin banyak lumpur yang berhasil dibersihkan," tambah Danang.

Terowongan Kuno Era Belanda di Klaten Dibuatkan Tangga MasukFoto: Penampakan tangga baru di terowongan kuno era Belanda di Klaten (Achmad Syauqi/detikcom)

Diwawancarai terpisah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Sri Nugroho menyebut pembukaan terowongan untuk umum belum bisa dilakukan karena masih menunggu kajian.

Selanjutnya
Halaman
1 2