Terungkap! Ini Fungsi Jimat CPNS yang Disita di Semarang

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 14:16 WIB
Jimat yang dibawa peserta tes CPNS di Udinus, Semarang, Kamis (6/2/2020).
Penampakan jimat yang dibawa peserta CPNS di Semarang (Foto: Istimewa)
Yogyakarta -

Penyelenggaraan tes CPNS di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang dihebohkan dengan temuan jimat yang dibawa peserta. Sebenarnya apa sih fungsi jimat CPNS yang disita itu?

"Jimat untuk kelancaran," kata Dosen di Jurusan Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Abdul Jawat Nur kepada detikcom, Jumat (7/2/2020).

Temuan jimat yang dibawa beberapa peserta tes CPNS berupa benda menyerupai ketapel kecil, hingga jimat berupa rajah (kertas bertulisan huruf Arab). Jawat menyebut salah satu jimat itu biasanya berupa bahasa Arab.

"Kalau yang hijau bisa dibaca, (itu) bahasa Arab," jelas Dosen Sastra Arab itu.

Lantas siapa yang biasa buat jimat semacam ini?

"Yang buat biasanya para 'kiai'," jawabnya singkat.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Pelaksana dari Udinus untuk CAT CPNS 7 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, Mohamad Sidiq, mengungkap ada dua jimat yang diamankan petugas dari peserta CPNS. Sedangkan jimat yang berupa kertas bertulisan Arab, kata Sidiq, didapat dari peserta tes pada Senin (3/2).

"Dua kali ketemu jimat, berupa kertas tulisan Arab gundul sama kayak katapel, kecil," kata Sidiq kepada detikcom di Udinus, Semarang, Kamis (6/2).

Salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS di Semarang.Salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS di Semarang. Foto: Tangkapan layar di media sosial

Udinus, Semarang, menjadi lokasi tes CPNS yang diikuti 35.980 dari tujuh kabupaten/kota di Jateng mulai 27 Januari hingga 15 Februari 2020. Ketujuh daerah tersebut ialah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Wonosobo.

Sidiq menyampaikan tes berjalan lancar dan tertib karena melewati beberapa tahapan, mulai antrean, body checking, verifikasi manual, PIN register, dan lainnya. Peserta terbanyak dari Kabupaten Tegal dan berjalan sejak hari Sabtu (1/2) hingga hari ini.

Simak Video "Hari Pertama! 1.500 Peserta Tes CPNS di Cilegon"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/mbr)