Prabowo Restui Gerindra Dukung Gibran Rakabuming di Pilkada Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 13:46 WIB
Gibran Rakabuming Raka di Banyuagung, Banjarsari, Solo, Selasa (21/1/2020).
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Setelah Partai Demokrat memastikan dukungan untuk Gibran Rakabuming Raka, kini giliran Partai Gerindra mendeklarasikan mendukung putra Presiden Joko Widodo itu di Pilkada Solo. Mereka mengklaim telah mendapatkan restu dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, mengatakan dirinya sudah sejak lama mendukung Gibran untuk menjadi Wali Kota Solo. Dia pun telah menyampaikannya kepada DPD Gerindra Jawa Tengah.

"Kemarin ketua kami DPD Jateng saat acara HUT Gerindra di Kartanegara, beliau dipanggil diajak bicara (oleh DPP). Disampaikan bahwa Solo adalah sorotan nasional," kata Ardianto, Jumat (7/2/2020).


Dalam kesempatan itu, kata Ardi, Prabowo merestui Gerindra mendukung Gibran. Meski demikian, Gerindra yang memiliki 3 kursi dari 45 kursi DPRD Kota Solo diminta menghormati proses di internal PDIP.

"Ketua DPD sudah menyampaikan ke Pak Prabowo, hasilnya dukungan sudah ke Mas Gibran. Tetapi harus menunggu dengan sabar, rekomendasi masih di DPP PDIP," ujar dia.

Keputusan tersebut diambil karena saat ini Gibran dirasa sudah di atas angin. Gibran diyakini akan dipilih DPP ketimbang calon lainnya.

"Anginnya sudah sangat segar menuju Mas Gibran. Kalau kemarin kan masih sepoi-sepoi, kalau sekarang sepertinya sudah pasti," ujarnya.


Mengenai wakil wali kota, Gerindra memiliki beberapa nama yang bisa disetor. Namun tetap saja mereka akan menghormati keputusan PDIP yang memiliki 30 dari 45 kursi DPRD Surakarta.

"Mas Paundra (Paundrakarna) kita masih komunikasi dan sudah kami usulkan ke DPP kami. Selain itu, teman-teman juga mimpi agar saya yang jadi wakil. Kalau saya memang diminta ya siap," katanya.

Apabila rekomendasi tak turun kepada Gibran, atau Gibran hanya menjadi Wakil Wali Kota, Gerindra siap menarik dukungan. Bahkan pihaknya siap mengusung Gibran lewat koalisi partai lain.

"Kami hanya mendukung Gibran sebagai Wali Kota Solo. Kalau tidak, kami siap menggalang koalisi untuk mengusung Mas Gibran. Ada PKS dan Golkar yang siap kami ajak koalisi," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah merestui partainya mendukung Gibran. Meski tidak memiliki kursi di DPRD Surakarta, Demokrat mengaku bisa mengoptimalkan suara yang diraih di Pileg 2019.

Simak Video "Rapim TNI-Polri, Bahas Pengamanan Pilkada Hingga PON 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(bai/mbr)