Viral Umat Hindu Sembahyang di Luar Pagar Prambanan, Ini Kata PHDI

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 16:46 WIB
Viral umat Hindu sembahyang di luar pagar Candi Prambanan, Sleman, Rabu (5/2/2020).
Viral umat Hindu sembahyang di luar pagar Candi Prambanan, Sleman, Rabu (5/2/2020). (Foto: Tangkapan layar di media sosial)
Sleman -

Sebuah posting-an di akun Twitter @GlHindu terkait umat Hindu yang bersembahyang di luar pagar Candi Prambanan ramai dibicarakan di dunia maya. Saat dimintai tanggapan terkait posting-an tersebut, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) I Nyoman Warta mengaku perlu menggelar rapat terlebih dahulu.

"Saya rapat dulu dengan pengurus. Nanti rapat intern dulu, tunggu ya," ucap Nyoman Warta melalui pesan singkat kepada detikcom, Kamis (6/2/2020).

Nyoman mengaku belum bisa banyak bicara terkait posting-an itu karena masih ada di luar kota. Menurutnya, pihaknya membutuhkan waktu untuk bisa mengambil sikap. Setidaknya sampai dia kembali ke Yogyakarta.

"Tunggu ya, tanggal 8 Februari (2020) saya sudah di Yogyakarta," ujarnya.

Diwawancarai terpisah, Sektetaris PHDI DIY Wayan Ordiyasa Puji mengatakan pihaknya ingin memastikan lebih dulu foto yang viral itu diambil pada saat kegiatan apa.

"Maaf, saya belum berani komentar dulu karena saya belum paham foto itu pas event apa," kata Wayan melalui pesan singkat kepada detikcom.

Dia menyebutkan, sebuah foto yang diambil belum bisa menggambarkan situasi secara keseluruhan.

"Sebuah foto yang diambil dari salah satu sudut tidak menggambarkan situasi secara keseluruhan. Itu (foto) yang saya kurang paham karena banyak event sembahyang di Prambanan. Ada juga sembahyang pas ada rombongan perjalanan suci atau tirta yatra dari beberapa umat Hindu yang ada di luar DIY-Jateng bisa terlihat seperti itu," jelasnya.

"Atau pas acara Tawur Kesanga, bila difoto dari sudut barat daya bisa juga tampak seperti itu," lanjutnya.

Viral Umat Hindu Sembahyang di Luar Pagar Prambanan, Ini Kata PHDIViral umat Hindu sembahyang di luar pagar Candi Prambanan, Sleman, Rabu (5/2/2020). Foto: Tangkapan layar di media sosial

Menurutnya, dalam acara tertentu umat Hindu memang biasa bersembahyang di luar pagar Candi Prambanan. Apalagi jika umat Hindu yang hadir di Prambanan jumlahnya ribuan. Sehingga umat Hindu bersembahyang di luar ring 1 atau di luar pagar Candi Prambanan.

"Bila saat upacara Tawur Kesanga di Prambanan, kami memang sembahyangnya dari luar ring 1 candi. Karena jumlah umat Hindu yang hadir puluhan ribu sehingga tidak muat kalau semua masuk ke ring 1 candi. Namun ada prosesi yang masuk candi untuk mohon air suci atau mendak tirta," paparnya.

Dia pun menegaskan tidak ingin hubungan baik dengan berbagai pihak rusak akibat salah dalam mengomentari foto di posting-an tersebut.

"Kami tidak mau hubungan kami dengan Balai Pengelola Cagar Budaya (BPCB) jadi kurang baik karena salah komentar suatu event yang tidak jelas," sebutnya.

Simak Video "Tradisi Entas-Entas Leluhur Warga Hindu Wlingi Blitar"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2 3