Viral Umat Hindu Sembahyang di Luar Pagar Prambanan, Ini Kata Pengelola

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 18:15 WIB
Viral umat Hindu sembahyang di luar pagar Candi Prambanan, Sleman, Rabu (5/2/2020).
Foto: Tangkapan layar di media sosial
Sleman -

Sebuah posting-an di akun Twitter @GlHindu ramai dibicarakan netizen. Akun tersebut mengunggah foto dengan keterangan umat Hindu yang bersembahyang di luar pagar Candi Prambanan.

Posting-an itu diunggah pada Selasa (4/2) pukul 12.21 WIB. Isinya sebagai berikut:

"Mindu dapet foto ini.
Agak aneh, umat sembahyang di luar pagar, yang tamasya masuk ke dalam.
Semoga ke depan bisa dibalik: yang tamasya cukup dari luar, yang sembahyanglah yang ada di dalam.
Meski berstatus cagar budaya, tapi tidak bisa dipungkiri candi itu adalah peninggalan peradaban Hindu"

Dalam posting-an itu, tampak potret puluhan pemeluk Hindu berada di sebuah tanah lapang di luar pagar area Candi Prambanan. Mereka sedang melakukan sebuah ritual. Sedangkan di dalam kawasan Candi Prambanan, tampak ada banyak wisatawan yang menikmati keindahan candi. Hingga berita ini ditulis, posting-an ini sudah di-retweet sebanyak 4.500 kali dan disukai 7.600 akun.

Cuitan itu mendapat banyak respons netizen. Di antaranya dari akun @aidan_darwinds yang menulis, "Halo, Min. Menurut Keppres No 1/1992, status hukum Candi Prambanan adalah taman wisata arkeologi, bukan tempat peribadatan. Sebaiknya kita objektif dan tidak gampang menyeret sesuatu ke dalam isu agama".

Akun @GlHindu pun membalas. Dia menulis "Memang bukan tempat peribadatan. Monas juga bukan tempat peribadatan, bukan? Mindu juga sebut jelas: meski status cagar budaya - tapi harus diakui itu peninggalan peradaban Hindu. Oh ya, ini sesuai UU. Artinya, perlu diatur. Kalau mau objektif, apakah jalan-jalan boleh, tapi berdoa harus izin?".

UU yang dimaksud adalah UU No 11/2010 tentang Cagar Budaya. Pada Pasal 85 ayat 1 tertulis "Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan setiap orang dapat memanfaatkan Cagar Budaya untuk kepentingan agama, sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan pariwisata".

Foto umat Hindu beribadah di luar pagar Candi Prambanan. Foto umat Hindu beribadah di luar pagar Candi Prambanan. (Foto: Tangkapan layar di media sosial)

GM Marketing PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari saat dimintai konfirmasi menjelaskan kegiatan yang fotonya viral itu peristiwa lama.

"Kegiatan itu sudah lama, bukan hari ini. Tapi kegiatan apa saya tidak hafal," kata Emilia kepada detikcom melalui pesan singkat, Rabu (5/2/2020).

Emilia menjelaskan setiap ada kegiatan, terutama yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan umat Hindu, pihaknya selalu melakukan koordinasi, terutama di zona 2 candi yang menjadi kewenangan TWC.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3