Klitih Masuk Trending di Google, Wali Kota Yogya: Kami Prihatin

Ristu Hanafi - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 16:37 WIB
Klitih menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas di mesin pencarian Google, Rabu (5/2/2020).
Klitih jadi salah satu topik yang paling banyak dibahas di mesin pencarian Google, Rabu (5/2/2020). (Foto: Tangkapan layar Google Trends)
Yogyakarta -

Aksi klitih atau kejahatan jalanan menjadi sorotan publik. Klitih menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas di mesin pencarian Google hari ini. Bahkan tagar #DIYdaruratklitih dan #Klitih sempat ramai di Twitter.

Jika berbicara klitih, perhatian tertuju pada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bukan tanpa alasan, karena belakangan ini kasus klitih kembali marak terjadi di sejumlah tempat di DIY.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengaku prihatin atas kondisi kamtibmas saat ini.

"Kami juga prihatin munculnya aksi klitih di Yogyakarta dan ramai dibahas di media sosial," kata Haryadi saat dihubungi detikcom, Rabu (5/2/2020).

Haryadi menyebut Pemkot Yogyakarta tidak akan tinggal diam. Pihaknya berkomitmen turun tangan menangani dan menanggulangi aksi klitih. Ia mengungkapkan telah berkoordinasi secara internal dari tingkat pemerintah kota hingga kelurahan serta berkomunikasi dengan kepolisian dan TNI.

"Akan kami tindak lanjuti, ini komitmen kami kepada warga masyarakat. Kami koordinasi dengan Polri dan TNI juga, untuk membantu ungkap kasus kejahatan jalanan ini. Karena sudah menjadi fenomena sosial di tengah masyarakat DIY," ujarnya.

(rih/sip)