Bebas dari Rambut yang Jadi Sarang Tikus, Sukiyah Ingin Pergi ke Pasar

Sukma Indah Permana - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 14:46 WIB
Sukiyah, seorang perempuan di Kabupaten Semarang tidak mandi selama 27 tahun. Kondisinya memprihatinkan karena rambutnya menjadi gimbal hingga menjadi sarang tikus.
Sukiyah (kanan) bersama relawan Ardian Kurniawan Santoso. (Foto: dok. ACT)
Yogyakarta -

Setelah bebas dari rambut gimbal, Sukiyah (50) kini sudah lebih sehat dan bisa berjalan. Bahkan Sukiyah menyampaikan ingin pergi ke pasar.

"Sudah bisa jalan sendiri, malah ngajak ke pasar. Ya besok saya ajak ke pasar, yang dekat sini di Kecamatan Getasan," ujar relawan yang memotong dan menyelamatkan Sukiyah, Ardian Kurniawan Santoso, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (4/2/2020).

Ardian mengungkapkan Sukiyah sudah mulai bisa makan sendiri, sehingga saat mengatakan ingin ke pasar, Sukiyah ternyata ingin membeli beberapa bahan makanan yang disukainya.

"Ingin beli susu, cengkih, dan ikan asin," kata Ardian.

Setelah nafsu makannya meningkat, badan Sukiyah kini juga semakin berisi. Komunikasi Sukiyah dengan Ardian dan salah seorang mentornya di Rumah Pemulihan Efata, Yuliana Lina, juga semakin lancar. Namun, kata Ardian, Sukiyah masih terbata-bata bila berbincang dengan orang selain dirinya dan Yuliana.

Simak Video "Penampilan Baru Sukiyah yang Rambutnya Dihuni Tikus dan Kecoa"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2