Pemancing Temukan Janin Dibuang di Bawah Jembatan di Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 15:04 WIB
Penemuan janin bayi di bawah jembatan Sleman, Jumat (31/1/2020)
Penemuan janin bayi di bawah jembatan Sleman (Foto: Jauh Hari/detikcom)
Sleman -

Sesosok janin ditemukan di bawah Jembatan Babarsari, Jalan Selokan Mataram, Kledokan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Janin yang dibuang itu diperkirakan berusia antara 12-20 minggu dan berjenis kelamin laki-laki.

"Benar, tadi ditemukan janin bayi, dengan panjang 12,5 cm dan berjenis kelamin laki-laki. Diperkirakan usianya antara 12-20 minggu," kata Paurkes Polres Sleman, Rini Wuryani, saat ditemui wartawan di lokasi pembuangan janin, Jumat (31/1/2020).

Rini menjelaskan saat ditemukan, janin tersebut terbungkus plastik warna hitam. Kondisi janin juga masih utuh. Namun dia belum bisa memastikan janin itu apakah dari hasil aborsi atau bukan.

"Semua masih lengkap (organ tubuhnya). Tapi kalau aborsi atau bukan, saya belum tahu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 05 Dusun Puluhdadi, Suheryanto (37) mengatakan penemuan janin itu diketahui sekitar pukul 10.45 WIB tadi. Janin itu pertama kali ditemukan oleh seorang pemancing yang melihat janin itu di salah satu fondasi jembatan.

"Pertama kali ditemukan oleh pemancing, sekitar 10.45 WIB, lalu oleh pemancing itu curiga ada bungkusan di fondasi tiang jembatan. Lalu dia membuka bungkusan itu dan ternyata isinya janin, lalu pemancing itu menemui saya dan saya melapor ke polisi," kata Suheryanto.

Suheryanto tidak mengetahui siapa yang tega membuang janin itu. Namun, dia memperkirakan pembuangan janin pada pagi hari.

"Mungkin pagi, karena darahnya masih segar. Tapi dugaan siapa yang membuang saya tidak tahu. Di sekitar pembuangan bayi juga tidak ditemukan apapun," bebernya.

Dia mengatakan bukan kali ini saja ada kejadian pembuangan janin. Sebelumnya dia mengaku sudah pernah menemukan kejadian serupa.

"Selama tiga tahun menjabat, sudah dua kali ditemukan hal serupa di aliran sungai ini," katanya.

Simak Video "Janin Bayi Dibuang Gegerkan Warga Banyuwangi, Ada Surat Wasiatnya"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ris)