Duh, Puluhan Kucing Mati dalam Sepekan di Karanganyar

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 17:34 WIB
Pemeriksaan kucing di Desa Jaten oleh tim gabungan Pemkab Karanganyar, Rabu (29/1/2020).
Pemeriksaan kucing di Desa Jaten oleh tim gabungan Pemkab Karanganyar, Rabu (29/1/2020). (Foto: dok. Istimewa)
Karanganyar -

Puluhan kucing di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, dilaporkan mati dalam waktu sepekan. Kabar yang beredar di masyarakat itu menimbulkan kecurigaan terhadap adanya penyakit yang berbahaya. Bagaimana faktanya?

Kepala Desa Jaten, Harga Satata, mengatakan setidaknya ada 27 kucing mati yang sudah terdata oleh perangkat desa setempat. Kucing-kucing mati itu tersebar di lima RT.

"Yang terdata ada 27 kucing. Kucing-kucing itu milik enam orang warga," kata Harga saat dihubungi detikcom, Rabu (29/1/2020).

Harga kemudian melapor kematian kucing-kucing ini kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Karanganyar. Tim dari Pemkab Karanganyar lalu datang untuk mendata dan mengobservasi kucing-kucing yang sakit di wilayah tersebut.

Salah seorang warga RT 02 RW 02, Ludiyanto, mengatakan lima kucing miliknya mati. Awalnya induk kucing miliknya mati, lalu disusul kucing-kucing miliknya yang lain.

"Sempat saya bawa ke klinik, tapi tidak tertolong," kata Ludiyanto saat ditemui di rumahnya.

Kemudian dua kucing lainnya mati dalam jarak waktu satu hari. Yang terakhir, dia sempat membawa ke klinik dan dirawat selama dua hari.

(rih/sip)