Usai Dipotong, Rambut Sukiyah yang Jadi Sarang Tikus Ternyata Disimpan di...

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 12:55 WIB
Sukiyah yang tidak mandi 27 tahun dan rambutnya menjadi sarang tikus kini di Rumah Pemulihan Efata, Semarang. Kondisinya kini sudah berangsur membaik.
Sukiyah bersama relawan Ardian Kurniawan Santoso. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Rambut Sukiyah yang gimbal dan jadi sarang tikus sudah dipotong oleh relawan Ardian Kurniawan Santoso pada Kamis (23/1). Lalu di mana sekarang potongan rambut Sukiyah itu berada sekarang?

"Masih ada rambutnya," kata Ardian kepada detikcom di rumahnya Jalan Merak, Klasemen, Keluragan Mangunsari, Salatiga, Rabu (29/1/2020).

Ardian belum tahu potongan rambut Sukiyah itu akan diapakan. Sekarang rambut gimbal sepanjang 1,5 meter itu masih ada di dalam mobilnya.

"Masih di mobil, saya bawa kemana-mana. Belum tahu mau diapain," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Ardian lah yang mengevakuasi Sukiyah dan memotong rambutnya yang hidup menyendiri bertahun-tahun di rumah kayu beralas tanah di di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Saat ditolong pekan lalu, kondisi wanita 50 tahun itu mengenaskan dengan kaki yang tidak kuat untuk menopang badannya sendiri.

Ardian juga bercerita saat itu dia melihat banyak kotoran manusia bercecer di rumah Sukiyah. Sedangkan rambut Sukiyah sudah jadi gimbal, memanjang 1,5 meter. Tak hanya itu, rambutnya juga jadi sarang tikus dan kecoak. Ardian sempat terkejut karena Sukiyah yang biasanya menolak ditolong warga malah menerima dirinya.

Setelah rambutnya dipotong, Sukiyah kemudian membawa ke Rumah Pemulihan Efata. Kini wanita yang sudah mengalami kebutaan sejak usia 5 tahun itu mulai mau berkomunikasi dengan orang lain, nafsu makannya bertambah dan sudah mau berusaha berjalan sendiri.

Simak Video "Miris! Wanita Dikurung di Rumah Kayu, Tak Mandi Bertahun-tahun"

[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)