Yuk! Bantu Sukiyah di Semarang Merenovasi Rumahnya Jadi Layak Huni

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 10:21 WIB
Sukiyah yang ditemukan dalam kondisi rambutnya gimbal, dihuni tikus selama ini tinggal sebatang kara di sebuah rumah kayu beralas tanah. Seperti apa penampakan rumahnya?
Rumah yang ditempati Sukiyah sendirian. (Foto: Angling Adhitya Purbaya)
Kabupaten Semarang -

Rumah Sukiyah, wanita 50 tahun yang viral setelah ditolong karena hidup sendiri dengan kondisi mengenaskan, akan diperbaiki. Kini penggalangan dana dilakukan untuk mewujudkan hal itu.

Relawan MRI-ACT yang menolong Sukiyah, Ardian Kurniawan Santoso, mengatakan setelah menolong Sukiyah ada program kampanye agar tempat tinggal Sukiyah di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang jadi layak huni.

"Ada program untuk bu Sukiyah, akan kampanyekan pembenahan rumahnya," kata Ardian kepada detikcom, Rabu (29/1/2020).


Fiany Intan, selaku content writer ACT pusat mengatakan program tersebut sudah dibuka dengan penggalangan dana lewat https://indonesiadermawan.id/campaign/156/bantu-nenek-sukiyah-punya-rumah-layak-huni yang bisa diakses siapapun.

"Kita sudah lihat langsung bagaimana kondisi rumahnya, tidak layak huni, beralas tanah. Insyaallah ACT akan renovasi. Teman-teman yang mau donasi bisa," kata Intan.

Kondisi rumah Sukiyah memang memprihatinkan. Rumah kayu itu luasnya sekitar 6x10 meter, alasnya tanah dan tidak banyak perabotan di sana. Sehari-hari Sukiyah duduk di tikar yang menutup lantai tanah. Saat ditemukan kotoran manusia berserakan.


Untuk diketahui Sukiyah yang sudah buta sejak usai 5 tahun hidup sendiri bertahun-tahun. Menurut tetangga ia sudah 16 tahun tidak berjalan. Warga sekitar sudah berusaha menolong termasuk memandikan namun Sukiyah menolak.

Kisahnya viral setelah Ardian berhasil membujuk dan menolong Sukiyah. Rambut gimbal Sukiyah yang jadi sarang tikus berhasil dipotong. Sukiyah juga dibawa ke rumah pemulihan Efata. Kini kondisi Sukiyah mengalami kemajuan karena sudah mulai berkomunikasi dan mau mencoba berjalan.

Penampilan Baru Sukiyah yang Rambutnya Dihuni Tikus dan Kecoa:

[Gambas:Video 20detik]

(alg/mbr)