Mengintip Rumah Sukiyah, Perempuan yang Ditemukan Berambut Gimbal-Berkecoak

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 19:59 WIB
Rumah Sukiyah perempuan yang ditemukan berambut gimbal berkecoak di Semarang, Selasa (28/1/2020).
Penampakan rumah Sukiyah, perempuan yang ditemukan berambut gimbal dan dihuni tikus. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Sukiyah yang ditemukan dalam kondisi rambutnya gimbal, dihuni tikus dan kecoak selama ini tinggal sebatang kara di sebuah rumah kayu beralas tanah. Seperti apa penampakan rumahnya?

Rumah itu berada di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Saat dievakuasi oleh relawan Masyarakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT), Ardian Kurniawan Santoso, rumah tersebut berserakan kotoran manusia.

Setelah Sukiyah dievakuasi ke Rumah Pemulihan Efata, warga mencoba membersihkan rumah tersebut. Saat detikcom berkunjung ke rumah tersebut sore ini, terlihat tikar yang biasa digunakan Sukiyah sedang dijemur di halaman.

"Ini tikar yang biasa dipakai, mau saya cuci," kata seorang tetangga yang biasa membantu Sukiyah, Wagiyem (65) dengan bahasa Jawa, Selasa (28/1/2020).

Rumah Sukiyah beratap kayu, ukurannya sekitar 6x10 meter dengan halaman yang cukup luas. Rumah ini tak teraliri listrik. Kata warga, beberapa kali listrik di rumah ini putus.

"Setiap dikasih listrik, putus," ungkapnya.

Tonton juga Miris! Wanita Dikurung di Rumah Kayu, Tak Mandi Bertahun-tahun :

Di bagian dalam rumah, di ruang pertama terlihat tanah menimbun kotoran yang tadinya berserakan di alas rumah Sukiyah. Pembersihan dilakukan seadanya. Sebab kata warga, rumah tersebut rencananya akan direnovasi.

"Saya juga bersihkan rumah ini tapi ya tidak setiap hari," pungkas Wagiyem.

Setelah ruang pertama ada dapur dan kamar tidur. Tidak banyak barang yang ada di rumah Sukiyah. Ia benar-benar hidup seadanya dengan minim fasilitas, dapur pun tidak bisa dipakai oleh Sukiyah.

Untuk diketahui, Ardian menolong Sukiyah dan berhasil merayunya untuk dibawa ke tempat yang lebih layak untuk sementara. Ardian juga berhasil memotong rambut gimbal Sukiyah sepanjang 1,5 meter yang dihuni kecoak, tikus hingga bangkai.

Sebelumnya warga sudah berusaha menolong, tapiSukiyah berontak. Selama bertahun-tahun ia menyendiri dalam kegelapan hingga akhirnya dia luluh dan rambutnya dipotong olehArdian pada Kamis (23/1). KiniSukiyah tinggal di Rumah PemulihanEfata. Ardian mengungkap kondisi Sukiyah semakin baik.

"Sudah jauh lebih baik dari saat pertama kali ditemukan. Sekarang sudah bisa dilihat sendiri, sudah cantik," kata Ardian di Rumah Pemulihan Efata, siang tadi.

Ardian mengatakan perkembangan kesehatan Sukiyah tampak sudah lebih baik. Sukiyah mulai belajar jalan kaki lagi pagi tadi. Menurut penuturan warga, Sukiyah tidak berjalan normal selama 16 tahun sehingga kakinya lemas seperti lumpuh.

(sip/rih)