Kirab Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek di Pati

Arif Syaefudin - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 18:12 WIB
Perayaan Imlek di Kabupaten Pati dimeriahkan dengan kirab barongsai, Sabtu (25/1/2020). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Perayaan tahun baru China atau Imlek di Kabupaten Pati dimeriahkan dengan kirab barongsai. Kirab itu menjadi hiburan warga yang memadati sepanjang rute acara.

"Imlek tahun ini kami mengusung tema Menyapa Bangsa di Taman Hati dengan Meneguhkan Persaudaraan untuk Kemajuan NKRI," kata Ketua Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Eddy Siswanto, Sabtu (25/1/2020).

Rute yang dilalui peserta kirab yakni Jalan Pemuda, Simpang Lima, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Kyai Saleh, Jalan RA Kartini, Jalan Dr Wahidin, Jalan Tondonegoro, Jalan KH Ahmad Dahlan, dan finish di Kelenteng Hok Tik Bio.

Sementara itu untuk peserta kirab dari Kelenteng Hok Tik Bio, Kelenteng Hok King Bio, Kelenteng Tjong Hok Bio. Ada pula beberapa barongsai yang salah satunya adalah barongsai Darma Aseh Semarang, marching band Salafiyah Kajen Margoyoso dan drum band dari Muzikaria Ihyaul Ulum Wedarijaksa, reog Ponorogo, dan perwakilan lintas agama.

Salah satu warga yang menonton kirab, Sumartono, mengatakan dirinya rela datang mulai pukul 10.30 WIB agar mendapatkan tempat yang strategis untuk menyaksikan atraksi kirab perayaan Imlek tersebut. Apalagi ada pengalihan arus lalu lintas menuju ke lokasi.

"Saya datang dengan anak istri. Ya ini kan satu tahun sekali, artian kami menghormati apa yang telah disajikan oleh warga agama lain. Sebagai bentuk toleransi," jelasnya.

Dalam rangka perayaan Imlek tahun ini Kelenteng Hok Tik Bio Pati juga membagikan 2 ton kue keranjang serta santunan kepada ratusan anak yatim.

Simak Video "Penjual Burung Raup Keuntungan di Perayaan Imlek"

[Gambas:Video 20detik]

(rih/rih)