Kejari Purwokerto Dalami Keterlibatan Suami Tersangka Kredit Fiktif Rp 1 M

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 19:22 WIB
Ilustrasi. Foto: Shutterstock
Purwokerto -

Seorang pegawai Unit Pelayanan Cabang (UPC) Pasar Cermai PT Pegadaian Cabang Purwokerto ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwokert, EPL (32) atas kasus kredit fiktif sebesar Rp 1 miliar. Kini kerterlibatan suami tersangka dalam kasus ini juga ikut didalami kejaksaan.

"(Keterlibatan suami pelaku) Ini sedang kita dalami, sementara dia mengakunya dia sendiri semuanya. Jadi kalau memang ada arah ke sana nanti kita kembangkan," ujar Kasi Pidsus Kejari Purwokerto Nilla Aldriani saat dihubungi detikcom, Jumat (24/1/2020).

EPL diketahui melancarkan aksinya ini sejak 2017. Sedangkan uang hasil kredit fiktif digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

"Karena kebetulan suaminya tidak bekerja jadi untuk kebutuhan rumah tangga,"kata Nilla.

Pengajuan kredit fiktif itu dilakukan EPL (32) sejak 2017 lalu dengan modus meminjam KTP milik saudara dan tetangganya sebanyak 47 nasabah. EPL kemudian mengajukan kredit berjenis kredit Amanah yang seharusnya untuk pembelian motor dan mobil.

Namun, Nilla memastikan kredit itu tidak digunakan untuk membeli kendaraan.

"Termasuk 47 orang itu dan dia sendiri memang punya pinjaman di amanah itu. Tapi itu fiktif semua, tidak ada mobil, jadi memang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari," jelasnya.

Komplotan Pembobol Data Kartu Kredit Diciduk Polisi:

Selanjutnya
Halaman
1 2