Wapres Ma'ruf Hadiri Pertemuan Pimpinan Parpol se-Dunia di Yogyakarta

Pradito Rida Pertana - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 14:34 WIB
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Centris Democracy International (CDI). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Sleman -

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Centris Democracy International (CDI) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini. Dalam acara ini, Ma'ruf bicara soal Hak Asasi Manusia (HAM) hingga perdamaian dunia.

"Saya atas nama pribadi dan wakil presiden menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Centris Demokrat Internasional CDI yang bekerjasama dengan PKB menyelenggarakan acara pertemuan komite eksekutif CDI di Yogyakarta," ucapnya.

Hal tersebut diungkapkan Ma'ruf saat menjadi keynote speaker pada acara Eksekutif Meeting CDI di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, Jalan Palagan Tentara Pelajar, Sleman, Jumat (24/1/2020). Acara ini dihadiri oleh pimpinan parpol se-dunia dan tokoh agama hingga akademisi.

"Pemilihan kota ini sebagai tempat acara sangatlah tepat, karena Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota paling heterogen dan toleran di Indonesia," sambung Ma'ruf.

Ma'ruf mengaku percaya dengan kegiatan tersebut dapat bermanfaat menjembatani pemahaman terhadap Islam secara lebih proporsional di dunia internasional. Mengingat CDI mengusung pilar-pilar seperti, perlindungan HAM, dialog lintas agama, partisipasi wanita dalam politik dan proses perdamaian.

"Nilai-nilai yang diusung CDI tersebut saya pandang sejalan dengan nilai-nilai demokrasi yang dianut dan dilaksanakan di Indonesia. Sebagai contoh, dapat saya sampaikan konstitusi UUD 1945 dengan peraturan perundangannya di Indonesia menjamin penghormatan terhadap nilai-nilai HAM," katanya.

Simak Video "Putri Ma'ruf Amin Ikut Konvensi PSI Calon Walkot Tangsel"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2