BPCB Diminta Segera Ekskavasi Candi di Galian Septic Tank

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 19:42 WIB
Penampakan bangunan yang diduga candi di Dieng, Banjarnegara. (Foto: Istimewa)
Banjarnegara - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah dan Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta diminta untuk melakukan rescue archeology. Hal itu menyusul ditemukannya arca Ganesha dan struktur bangunan candi di Dieng, Banjarnegara.

Pengurus Pusat Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Heni Purwono mengatakan, ekskavasi diperlukan untuk menyelamatkan situs yang terancam. Menurutnya, penemuan struktur candi oleh warga saat menggali tanah untuk septic tank menandakan pembangunan yang ada di Dieng sudah mengancam.

"Belum lama juga ada temuan batuan candi di Terminal Dieng, kemudian arca Ganesha, dan yang terbaru penemuan kaki candi sudah cukup membuktikan kalau di Dieng dipenuhi dengan candi di masa lalu. Saya terus terang kecewa dengan terus berjalannya proyek rest area di Terminal Dieng," ujar Heni saat dihubungi, Selasa (21/1/2020).


Menurut Heni, penemuan kaki candi memperkuat pendapat jika di dataran tinggi Dieng terdapat ratusan candi. Hal ini sesuai yang disebutkan Sir Thomas Raffles di buku The History of Java.

"Tinggal kita tunggu komitmen pemerintah, mau tidak menggali potensi itu menjadi peluang. Dieng adalah aset wisata sejarah yang tak dimiliki tempat lain. Didukung panorama yang ada di Dieng, maka Dieng akan semakin memiliki magnet," katanya.


BPCB Diminta Segera Ekskavasi Candi di Galian Septic TankPenampakan bangunan yang diduga Candi di Dieng, Banjarnegara. Foto: Istimewa

Ia berpendapat, Pemprov Jateng harus turun tangan untuk memastikan segala pembangunan di Dieng terkendali. Mengingat Dieng berada di wilayah yang dikelola dua kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo.

"Langkah awal Pemkab Banjarnegara yang tahun ini mengajukan Perda Cagar Budaya. Saya kira langkah yang patut diapresiasi, dan ke depan saya harap ada langkah nyata lainnya untuk melindungi cagar budaya di Banjarnegara," tuturnya.




Tonton juga video Struktur Candi di Blitar Masuk Tipologi Era Majapahit:


Selanjutnya
Halaman
1 2