Geger Keraton Agung Sejagat, Sultan HB X: Hati-hati!

Usman Hadi - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:51 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengimbau warganya agar tak mudah percaya buaian janji seperti Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Apalagi janji mendapatkan gaji hingga ratusan dolar namun dengan membayar sejumlah uang.

"Ya masyarakat hati-hati lah. Soalnya masyarakat kita ini kalau diiming-imingi (mudah tergiur)," kata Sultan di Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Senin (20/1/2020).


Sultan juga minta masyarakat waspada modus-modus penipuan seperti yang dipraktikkan Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Sultan juga berpesan agar masyarakat juga tidak mudah percaya kepada orang yang baru dikenal.

"Masyarakat kita ini sangat mudah, sangat percaya pada orang lain ya jadi susah. Rung karuan kenal wae dipercoyo (belum tentu kenal saja dipercaya)," tutur Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu.


Sultan menyadari tidak mudah untuk mengubah karakteristik masyarakat yang terbuka ini. Menurutnya, satu-satunya yang bisa dilakukan hanyalah sikap waspada dari masyarakat sendiri.

"Kan tidak bisa mengubah kebiasaan seperti itu, terus (menjadi masyarakat) tertutup kan nggak bisa. Satu-satunya cara ya kita sendiri yang harus hati-hati," pungkas Sultan.

Simak Video "Geger Keraton Sejagat-Sunda Empire, Kepala BIN: Fenomena Lama"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rih)