Polisi Ungkap Ritual Nyleneh Keraton Agung Sejagat yang Bikin Resah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 20:09 WIB
Batu Prasasti Keraton Agung Sejagat di Purworejo (Foto: Usman Hadi)
Semarang - Kemunculan Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo membuat resah warga setempat. Sebenarnya ritual-ritual apa saja yang dinilai mengganggu masyarakat?

"Nyelenehnya itu kenapa kegiatan teriak-teriak sampai pagi. Itu yang membuat masyarakat Desa Pogung resah," kata Dir Reskrimum Polda Jawa Tengah Kombes Budi Haryanto kepada detikcom, Sabtu (18/1/2020).


Polisi pun masih mendalami dan memeriksa 'Raja' Toto Santoso dan 'Ratu' Fanni Aminadia. Hingga saat ini polisi belum menemukan ritual yang menyimpang, seperti ritual seks.

"Ritual ya sama-sama Fanni itu," jawab Budi saat ditanya soal ritual seks di Keraton Agung Sejagat.


Terpisah, masyarakat Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo berharap batu prasasti di kompleks keraton itu dipindahkan. Mereka mengaku terganggu dengan keberadaan batu yang kerap disembah dan diberi sesaji itu.

"Kalau saya ya minta batunya dipindah, karena menakutkan itu sering dipakai untuk ritual-ritual. Ritualnya itu tidak tentu, tapi biasanya malam hari dan seperti nyanyi-nyanyi sama doa itu," kata Sri saat ditemui detikcom di Desa Pogung Juru Tengah, RT 03 RW 01, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Sabtu (18/1).



Geger Keraton Sejagat-Sunda Empire, Kepala BIN: Fenomena Lama:

[Gambas:Video 20detik]

(ams/ams)