Ada Ritual Aneh di Makam Janin 'Ratu' Agung Sejagat, Ini Cerita Warga

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 20:56 WIB
Makam di areal rumah kontrakan 'Raja' Keraton Agung Sejagat di Sleman, Jumat (17/1/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman - Adanya sebuah makam yang disebut tempat dikuburnya janin bayi 'Ratu' Keraton Agung Sejagat Fanni Aminadia (41) di rumah kontrakan 'Raja' Toto Santoso (42) di Sleman menggegerkan warga sekitar. Makam itu ternyata pernah dipakai untuk kegiatan ritual pengikut 'Raja' Toto.

Bagaimana proses ritualnya? Begini kesaksian warga yang melihat secara langsung ritual tersebut.

Kartijo (47) yang rumahnya berada persis di depan rumah kontrakan Toto di Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman menuturkan para pengikut 'Raja' Toto melakukan ritual aneh. Para pengikut Keraton Agung Sejagat dari Purworejo itu terlihat menyembah ke makam.

"Mereka seperti menyembah ke makam, itu jam 02.00 WIB dan kondisi waktu itu hujan," kata Kartijo saat ditemui di lokasi kontrakan Toto, Jumat (17/1/2020).


Kartijo adalah tetangga sekaligus yang mengurusi rumah kontrakan Toto. Ia mengatakan ada puluhan orang yang melakukan ritual menyembah makam, namun tidak menggunakan pakaian adat Jawa.

"Mereka pakai pakaian biasa. Karena waktu itu kan udah malam dan kondisinya juga pas hujan," terangnya.

Lamanya proses ritual, lanjutnya, hanya berlangsung singkat sekitar 30 menit. Namun para pengikut ritual telah tiba di rumah kontrakan Toto sejak sore hari.

"Ritualnya sepertinya hanya 30 menit, hanya seperti ritual singkat. Itu para anggotanya kan sudah datang dari sore," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2