4 Hari Usai 'Raja' Diciduk, Keraton Agung Sejagat Masih Ramai Pengunjung

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 18:42 WIB
Foto: Suasana Keraton Agung Sejagat usai 'Raja' Toto ditangkap (Eko Susanto/detikcom)
Purworejo - Kompleks Keraton Agung Sejagat di Purworejo masih ramai didatangi warga. Masih banyak pedagang yang membuka lapaknya di areal tersebut.

Pantauan detikcom di Dusun Pogung, Desa Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jumat (17/1/2020), hingga pukul 17.30 WIB masih dipadati warga. Banyak warga yang berdatangan karena penasaran dengan keberadaan Keraton Agung Sejagat yang ramai diberitakan.


Halaman rumah warga pun dipadati motor milik para pengunjung. Tak cuma motor, para pedagang juga memenuhi jalan kampung menuju areal keraton buatan Raja Toto Santoso dan Ratu Fanni Aminadia itu.

Tak cuma pedagang makanan dan minuman, bahkan ada juga yang berjualan anak ayam maupun mainan anak di lokasi tersebut. Sejumlah anak-anak juga terlihat mengikuti orang tua mereka melihat keraton tersebut.

Suasana Keraton Agung Sejagat usai 'Raja' Toto ditangkapSuasana Keraton Agung Sejagat usai 'Raja' Toto ditangkap Foto: Suasana Keraton Agung Sejagat usai 'Raja' Toto ditangkap (Eko Susanto/detikcom)


Masih banyak pengunjung yang berfoto-foto di areal keraton. Padahal, akses yang bisa dilihat dibatasi pagar batako. Sebab, areal keraton itu masih dikelilingi police line.

Selain itu, para pengunjung datang juga mengabadikan dengan kamera ponsel. Ada juga yang selfie maupun membuat video.

"Kami penasaran. Setelah sampai lokasi biasa saja," kata Teguh, pengunjung dari Kutoarjo saat ditemui di lokasi.

Saat magrib para pedagang pun mulai berkemas. Masing-masing pengunjung juga mulai bubar dan kembali ke rumahnya masing-masing.

4 Hari Usai 'Raja' Diciduk, Keraton Agung Sejagat Masih Ramai PengunjungFoto: Suasana Keraton Agung Sejagat usai 'Raja' Toto ditangkap (Eko Susanto/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo itu ditangkap polisi, Selasa (14/1). Toto dan Fanni dijerat pasal penipuan dan perbuatan onar. Mereka menarik uang dari sejumlah orang dengan modus menjadikan mereka pengikut yang akan mendapat gaji dan jabatan.

Polisi masih mendalami modus Toto dan Fanni. Sejauh ini polisi telah mengungkap Keraton Agung Sejagat tak hanya ada di Purworejo tapi juga di Klaten, Yogyakarta, hingga Lampung.


Simak Video "Makam di Kontrakan Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat Dibongkar!"

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rih)