Round-Up

'Keraton-keraton' Baru Memang Sedang Bermunculan di Jawa Tengah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 08:34 WIB
Kirab Keraton Djipang di Blora, tahun 2016. (Foto: Istimewa)
Yogyakarta - Kemunculan kerajaan baru ternyata bukan hanya Keraton Agung Sejagat di Purworejo. Keraton-keraton di Jawa Tengah yang sudah lama runtuh pun kini 'dihidupkan' kembali.

Kerajaan Pajang yang sudah runtuh pada abad ke-16, kini didirikan kembali di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Ada pula Keraton Djipang yang kembali muncul di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Suradi adalah sosok yang mendirikan Kasultanan Karaton Pajang yang berlokasi di sebelah petilasan kerajaan Pajang. Suradi kini dengan percaya diri menobatkan diri sebagai Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV.


Dia mengaku mendapatkan mandat mendirikan Kerajaan Pajang dari Kanjeng Sultan Suryo Alam yang merupakan raja Kasultanan Dhimak yang berlokasi di Kabupaten Demak.

"Pertama 2009 saya dilantik menjadi Adipati dulu, lalu 2010 saya daftarkan kerajaan ini sebagai Yayasan Kasultanan Karaton Pajang. Setelah berhasil mengelola keraton dengan pesat, 2015 saya naik menjadi sultan. 2019 kemarin diberi gelar Sultan Prabu Hadiwijaya Khalifatullah IV," kata Suradi, Kamis (16/1).

Dengan ramainya pemberitaan terkait Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Suradi mengaku tak khawatir. Dia menilai kerajaan yang dia dirikan hanya untuk merawat budaya.

Simak Video "Yang Tersisa dari Keraton Agung Sejagat: Kolam hingga Prasasti"


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4