Batu yang Nyaris untuk Uruk di Klaten Ternyata Arca Mahakala Abad 9 M

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 13:50 WIB
Arca Mahakala yang ditemukan di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten - Batu yang nyaris ditimbun sebagai bahan urukan di rumah Purwanto (39) warga Dusun Tempel, Desa Ngalas, Kecamatan Klaten Selatan, ternyata adalah potongan arca Mahakala. Arca penjaga pintu candi Hindu itu dibuat abad 9 Masehi.

"Sesuai periodisasi Jawa Tengah Hindu maka arca dibuat sekitar abad 9-10 M. Cuma asalnya dari candi mana kita tidak tahu sebab ditemukan tidak di tempat asalnya dan mau dijadikan batu uruk," ungkap anggota tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng, Harun al-Rasyid, pada wartawan saat ditemui mengecek di rumah Purwanto, Kamis (16/1/2020).

Arca itu menurut Harun merupakan arca Mahakala, bukan Nandiswara seperti diduga sebelumnya. "Cirinya pada bentuk kaki dan atribut. Atribut yang rusak itu kemungkinan gada sehingga itu Mahakala, cuma sayang tidak ada kepalanya," lanjut Harun.


Arca itu, lanjut Harun, tinggi total seharusnya sekitar 70-80 cm, lebar 32 cm. Namun karena tidak ada kepalanya tinggi hanya 45 cm. "Akan kami bawa ke balai. Nanti ada berita acaranya sebab kami lembaga pemerintah," sambungnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2