Sekjen Hasto Lontarkan Sinyal, Gibran Pilih Tunggu Keputusan DPP PDIP

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 16:29 WIB
Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyebut DPP PDIP membuka ruang bagi Gibran Rakabuming Raka untuk dipilih menjadi Cawalkot Solo. Menanggapinya, Gibran memilih menunggu pernyataan resmi partai.

"Ya udah kita tunggu aja statement resminya. Itu aja," kata Gibran saat ditemui di Pujasari, kompleks Sriwedari, Solo, Selasa (14/1/2020).

Gibran mengaku belum mendapatkan kabar apapun dari partai. Saat uji kelayakan dan kepatutan di DPD PDIP Jawa Tengah, Gibran pun mengaku diberi tahu proses jika benar mendapatkan rekomendasi.


"Kemarin fit and proper test juga sudah diberitahulah, nanti dipanggil (kalau dapat rekomendasi). Ya ada beberapa statement-statement kalau dapat rekomendasi. Tapi ini belum (dipanggil)," ujarnya.

"Nanti kita tunggu statement resminya aja," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Hasto menyebut DPP PDIP sudah mengantongi nama kader yang akan dicalonkan pada Pilkada 2020. Di antaranya pada Pilkada Surakarta (Solo) dan Medan.

"Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan," kata Hasto usai penutupan Rakernas I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).


Lebih lanjut, Hasto tidak membeberkan nama yang akan diusung PDIP pada Pilkada Solo. Menurut Hasto partainya membuka ruang untuk Gibran.

"Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil," ungkapnya. (bai/mbr)