Bertemu Tarmuji, Penjual Roti Viral karena Selalu Gendong Putrinya

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 10 Jan 2020 16:14 WIB
Tarmuji (60), penjual roti keliling di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan - Kasih orang tua sepanjang masa. Terbukti dari apa yang dilakoni Tarmuji (60), pria asal Pekalongan, Jawa Tengah.

Tarmuji menjalankan kewajiban sebagai kepala rumah tangga dengan menjadi penjual roti keliling untuk menafkahi keluarganya. Selain itu, Tarmuji juga berperan sebagai sosok ibu bagi dua anaknya setelah istrinya, Sistiyati (40), meninggal dunia pada Agustus 2019 lalu.

Sosok Tarmuji ramai dibahas di media sosial. Salah satunya dibagikan di dalam grup Facebook Pekalongan Curhat. Tarmuji disebut sebagai laki-laki yang menjajakan dagangan dengan menggendong anak perempuannya. Banyak netizen yang juga memuji sosok Tarmuji sebagai kisah yang menginspirasi.

detikcom menengok Tarmuji di rumahnya, RT 03 RW 02 Desa Tegaldowo, Kecamatan Tirto, Pekalongan. Kondisi rumahnya tampak memprihatinkan. Banyak dijumpai kayu maupun bambu penyangga atap rumah yang telah berumur dan membahayakan siapapun yang ada di bawahnya.


Bertemu Tarmuji, Penjual Roti Viral karena Selalu Gendong PutrinyaRumah Tarmuji (60), penjual roti keliling di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020). Foto: Robby Bernardi/detikcom

Rumah Tarmuji juga terlihat lebih tinggi dibandingkan jalan untuk mencegah air banjir menggenangi rumahnya yang bercat biru itu. Sayangnya, hal itu tidak dibarengi dengan ditinggikannya atap rumah karena keterbatasan biaya.

Siapapun yang masuk rumah berukuran 4x8 meter itu harus menundukkan kepala. Kondisi kayu dan bambu yang lapuk juga membuat penghuni rumah ketar-ketir jika turun hujan.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4