Nasib Fuji: Dibunuh Penggadai Mobil hingga Mayatnya Dibuang ke Kali

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 14:20 WIB
Rekonstruksi pembunuhan oleh penggadai mobil di Banyumas. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas - Jasad Fuji Marseno (27) ditemukan di Kali Mbawang, Banyumas. Dia dibunuh lalu mayatnya dibuang ke sungai oleh orang yang menggadaikan mobil kepadanya. Istri korban histeris menyaksikan rekonstruksi dan meminta pelaku dihukum mati.

Rekonstruksi dilakukan di Mapolresta Banyumas, Rabu (8/1/2020). Keluarga korban yang kesal sempat memukul Hartoyo (36), pelaku pembunuhan, hingga akhirnya dilerai polisi yang mengawal jalannya rekonstruksi.

"Ada 79 adegan yang dimulai dari penjemputan tersangka, korban yang di rumah, sampai pembunuhannya dan pembuangannya," kata Kapolresta Banyumas, Kombes Whisnu Caraka.


Whisnu mengatakan rekonstruksi digelar karena permintaan jaksa untuk memperjelas motif dan modus pembunuhan ini, apakah benar terencana atau pembunuhan secara tiba-tiba. Sedangkan Kasat Reskrim Polresta Banyumas, AKP Berry, mengatakan rekonstruksi menghadirkan 17 orang saksi.

"Diperagakan oleh 17 saksi, ada yang di perankan oleh saksi dan ada yang diperankan pengganti. Mulai dari proses awal peminjaman, kemudian di rumah korban sampai lokasi pembunuhan dan pembuangan," papar Berry.

Istri korban Rohayati selama mengikuti rekonstruksi tidak kuasa menahan amarahnya. Dia meminta pelaku dihukum mati.

"Inginnya dia dihukum mati gitu saja, nyawa dibalas dengan nyawa," kata Rohayati kepada wartawan saat menyaksikan rekonstruksi.


Dia juga mengatakan pelaku banyak memberikan keterangan bohong selama rekonstruksi berjalan. "Banyak omongan yang tidak benar sama faktanya. Karena orangnya (korban) sudah tidak ada, jadi (pelaku) mau benarnya sendiri," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2