Kapal Karam di Pantai Pekalongan, 3 Nelayan Berhasil Dievakuasi

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 23:54 WIB
Proses evakuasi ABK kapal nelayan Bintang Sejahtera yang terbalik dan karam di Muara Jambean, Kabupaten Pekalongan, Selasa (7/1/2020). (Foto: Istimewa)
Pekalongan - Proses evakuasi ABK kapal nelayan Bintang Sejahtera yang terbalik dan karam di Muara Jambean, Kabupaten Pekalongan berlangsung dramatis. Evakuasi dilakukan oleh personel TNI AL dibantu nelayan dan tim SAR.

Ketiga ABK yang dievakuasi yakni Casmian (50) warga Mulyorejo, Kecamatan Tirto, yang merupakan juru mudi kapal; Olil (35) warga Dusun Buntek, Desa Rowoyoso dan Iwan (37) warga Werdi. Ketiganya dievakuasi setelah sekitar lima jam lebih terombang-ambing bertahan laut pantai Pekalongan.

"Ketiga korban telah dievakuasi dibantu nelayan, SAR dan dari kami, semua selamat," kata Komandan Pos AL Wonokerto, Peltu (Mar) Pukung, saat ditemui di Pos TNI AL Wonokerto, Selasa (7/1/2020) malam.


Awalnya upaya evakuasi coba dilakukan oleh kapal nelayan lainnya. Namun karena gelombang tinggi ditambah derasnya arus sungai yang mengarah ke muara, membuat kapal nelayan yang akan menolong gagal mendekat.

"Beberapa kali kapal nelayan berupaya menolong, namun karena kondisi gelombang membuat kapal nelayan tidak berani lebih mendekat lagi karena berbahaya," jelasnya.

Karena tidak dapat melakukan evakuasi, salah satu nelayan melaporkan ke Pos TNI AL Wonokerto untuk meminta pertolongan guna evakuasi ketiga nelayan tersebut.

"Kejadian jam 11 (siang), kami baru dilaporkan sore. Kami langsung berupaya evakuasi namun saat itu evakuasi kurang maksimal karena cuaca hujan," terangnya.

Beruntung ketiga nelayan itu menggunakan jaket pelampung berwarna oranye. Walaupun kapal yang terbalik sudah karam di bawah permukaan air laut, ketiganya masih tampak terapung dan berhasil dievakuasi.
Selanjutnya
Halaman
1 2