Tipu-tipu Calo PNS, 2 Honorer Satpol PP Semarang Keruk Ratusan Juta

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 21:25 WIB
Foto: Rilis penipuan PNS di Kabupaten Semarang (dok. Ist)
Semarang - Dua pria tenaga honorer Satpol PP Kabupaten Semarang dibekuk polisi. Mereka mengeruk uang sekitar Rp 300 juta dari hasil menipu 15 orang dengan iming-iming menjadi PNS.

Dua oknum honorer itu bernama Ricky Indra Permana (25) warga Gedanganak, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang dan Danar Adi Prakoso (27) warga Gondoriyo, Kecamatan Bergas, Semarang.

"Korban dimintai uang dengan jumlah bervariasi, maksimal Rp 20 juta dengan kerugian dalam perkara penipuan tersebut jumlah keseluruhan dari 15 korban yaitu sekitar Rp 300 juta," kata Kasat Reskrim Polres Semarang AKP Rifeld Constantine Baba kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).


Keduanya beraksi sejak 11 Desember 2019 lalu dan ditangkap pada 26 Desember 2019. Dalam waktu kurang dari dua pekan itu, ada 15 korban yang kena tipu.

Modus kedua pria itu merayu korban dengan iming-iming jaminan menjadi PNS karena kenal orang dalam di Pemerintah Kabupaten Semarang. Untuk meyakinkan korban, pelaku membuat surat keterangan diterima masuk PNS lengkap dengan stempel palsu.

"Dengan serangkaian kata-kata bohongnya memberitahukan kepada masing-masing korban telah mengenal pejabat di Pemda Kabupaten Semarang yang bisa memasukkan menjadi pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten," jelasnya.


Duo penipu itu kini ditahan polisi. Kepada polisi, uang hasil menipu korban mereka gunakan untuk kepentingan pribadi.

Barang bukti yang diamankan yaitu uang Rp 4,95 juta, stempel palsu Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Kemenkumham Jateng, dan Dinas Sosial Jateng. Atas perbuatannya mereka dijerat Pasal 378 KUHP Jo Pasal 55 KUHP tentang Penipuan. (ams/rih)