Sebuah Lubang Menganga Muncul di Ladang Warga Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 06 Jan 2020 15:14 WIB
Lubang di ladang warga di Gunungkidul. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Gunungkidul - Warga Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul dikejutkan dengan munculnya lubang di tengah lahan pertanian. Lubang tersebut muncul setelah hujan deras yang mengguyur Gunungkidul beberapa hari ini.

Pantauan detikcom, munculnya lubang menyerupai sinkhole, yakni fenomena munculnya sebuah lubang besar yang terjadi karena pengikisan air yang terjadi ke dalam tanah.

Saat ini belum ada aktivitas di sekitar lubang tersebut. Selain itu, belum ada pagar sebagai penanda di sekitar lubang tersebut.

Kepala Dusun Karangawen, Yuono, menjelaskan penampakan lubang tersebut diketahui warga yang hendak ke ladang pada Sabtu (4/1).

"Awalnya itu pas warga mau ke ladang (Sabtu) pagi-pagi dan sudah seperti ini (ada lubang di tengah lahan pertanian). Untuk kedalaman lubang ini sekitar 5 meter dengan diameter 3 meter," katanya saat ditemui di lokasi, Senin (6/1/2020).


Menurutnya, lubang tersebut diduga terjadi karena tanah di lahan tersebut amblas. Terlebih, sehari sebelum kejadian, wilayah Dusun Karangawen sempat diguyur hujan deras.

"Amblasnya tanah ini mungkin karena kemarin Jumat (3/1) hujannya sangat deras," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2